Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Kegiatan Sentani City Week Diapresiasi dan Didukung Bupati Jayapura

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw didampingi Ketua Panitia Sentani City Week yang juga Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, S.IK., M.H., Ketua BPD Forum Sopan Kabupaten Jayapura H. Abd. Karim, Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura H. Wagus Hidayat, Ketua HKJM Kabupaten Jayapura H. Supardi dan Ketua HKPM Kabupaten Jayapura H. Mustakim, ketika menabuh Tifa sebagai tanda dibukanya kegiatan Sentani City Week 2022, Kamis (22/9/2022).

SENTANI – Kegiatan Sentani City Week untuk pertama kalinya digelar. Kali ini, fenomena sosial yang mengadopsi konsep Citayam Fashion Week yang viral di media sosial (medsos) itu turut dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah di Bumi Khenambay Umbay. Termasuk Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., yang turut membuka dan menyaksikan pelaksanaan acara tersebut di Pertigaan Traffic Light (Lampu Merah) Jalan Masuk Bandara Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis, (22/9/2022).

Tak hanya itu saja, kegiatan yang dirangkai dengan pameran UMKM di Bumi Khenambay Umbay itu dihadiri oleh Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, S.IK., M.H., Danramil Sentani, Ketua BPD Forum Sopan Kabupaten Jayapura H. Abd. Karim, Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura H. Wagus Hidayat, S.E., Ketua HKJM Kabupaten Jayapura H. Supardi, Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Muhammad Akbar dan Ketua HKPM Kabupaten Jayapura H. Mustakim.

Pada kesempatan itu, Bupati Jayapura menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura memberikan apresiasi yang tinggi dan sejatinya mendukung penuh kegiatan Sentani City Week (SCW), yang mana kegiatan ini sangat bagus sekali dan banyak melibatkan anak muda.
“Saya lihat ini sangat bagus, apalagi di tempat yang sangat strategis. Tidak ada aktivitas kendaraan tempatnya juga di tengah-tengah kota. Untuk itu, kita memberikan apresiasi lah. Banyak anak-anak muda dari berbagai paguyuban, juga berbagai sekolah dan adat istiadat ikut terlibat dan tampil disini,” kata Mathius Awoitauw ketika ditanya wartawan usai pembukaan City Week.

Dirinya juga meyakini, kedepannya kegiatan ini menjadi media yang akan disukai oleh warga perkotaan.
“Jadi, kita sudah memulai awal yang baik, untuk kedepan bisa menjadi media kreativitas anak muda. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini, misalnya penampilan grup band, ada apapun dan siapapun yang mau tampil itu harus yang khas daerah ini,” ujarnya.

Mathius Awoitauw juga mengucapkan terima kasih kepada ketua panitia dan seluruh panitia serta pihak-pihak lain yang ikut terlibat dalam kegiatan ini.

“Oleh karena itu, ucapan terima kasih banyak kepada panitia terutama untuk ketua panitia yang sangat kreatif dan luar biasa sekali. Apalagi menjelang kongres (AMAN), itu kita sudah mulai menyuarakan dan juga mempersiapkan semua masyarakat kampung agar dapat berpartisipasi, meskipun secara tidak langsung. Tidak apa-apa, tetapi kita sebagai tuan rumah, suasana itu yang penting,” ucap pria yang juga Ketua Umum Panitia KMAN VI 2022 ini.

“Sekali lagi saya sampaikan, bahwa kegiatan ini bisa dilakukan lagi jelang pelaksanaan kongres masyarakat adat nusantara sebagai pre event menuju pembukaan KMAN VI 2022. Hari Sabtu (24/9) lusa hingga Senin (26/9) pekan depan ini ada pre event juga, tapi kita lakukan di Berap. Yakni, ada festival swamening dan juga ada sejumlah kegiatan lainnya yang akan dilakukan disana,” tambahnya.

Pembukaannya itu hari Sabtu lusa, ada rapat kerja masyarakat adat disana, juga ada kegiatan Peradi yang akan melakukan MoU dengan masyarakat adat untuk pendampingan hukum kedepannya agar masyarakat adat bisa mendapatkan kepastian hukum.

“Hal itu semua juga dalam pre event menuju kongres masyarakat adat, karena kongres ini merupakan acara terbesar di dunia berdasarkan penilaian dari masyarakat adat negara-negara lain. Untuk itu, kita harus jaga karena ini wibawa bangsa kita. Tetapi, juga masyarakat adat kita yang mempunyai kekuatan luar biasa untuk kongres. Dalam pelaksanaan kongres nantinya banyak pesan-pesan yang akan disampaikan seperti ketahanan pangan kedepan, masyarakat adat kita harus eksis untuk memperkuat itu,” pungkas Bupati Jayapura.

Artikel Terkait

14 Jemaat GKI Sentani Kota Rayakan Hari Pentakosta

Bams

Hadiri Pelantikan Perkemi Papua, Bupati Jayapura Apresiasi Pengurus Baru

Jems

Beri Apresiasi, Bupati Mathius Sumbang 50 Juta Untuk Turnamen Sepak Bola Nendali Cup

Jems

Bupati Mathius Berharap ASN Lebih Semangat Dalam Bekerja

Jems

Sihar Tobing Kembali Tanggapi Bantahan Bupati Jayapura

Jems

Bupati Jayapura Bantah Statement Sihar Tobing Soal Temuan Penggunaan Dana Hibah Banjir

Jems

Wabup Giri : Mario Kembali Mesra dan Saya Tetap Bersama Pak Bupati Jayapura Sampai Akhir Masa Jabatan

Jems

Disebut Tidak Harmonis dengan Wabup Giri, Bupati Mathius Awoitauw Kaget

Jems

Kata Bupati Jayapura Usai Jalani Vaksin Tahap II

Jems