Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Hasil LABKESDA Provinsi Papua Terhadap Kasus Positif dan OTG di Waropen Negatif

Hasil LABKESDA Provinsi Papua Terhadap Kasus Positif dan OTG di Waropen Negatif
Bupati Waropen Yermias Bisai,S.H

Waropen-Bertempat di Posko induk gugus tugas covid-19 Kabupaten Waropen, Jumat (5/6). Bupati Waropen Yermias Bisai, S.H mengumumkan hasil laboratoruin kesehatan daerah (LABKESDA) Provinsi Papua terhadap 11 OTG reaktif termasuk satu kasus Positif menunjukkan hasil negatif.

Dijelaskan, Sebelumnya pada tanggal 25 Mei 2020 LAB RSUD Serui mengeluarkan hasil TCM atas 9 OTG reaktif salah satunya dinyatakan positif, setelah 6 hari berselang, minggu (31/5) tim kesehatan Covid-19 Provinsi Papua tiba di Waropen yang beranggotakan 4 orang personil melakukan pengambilan Sampel terhadap pasien yang terindikasi reaktif dan positif.

Lanjut dikatakan Bupati Yermias bahwa 5 hari setelah pengambilan sampel oleh petugas kesehatakan dari Provinsi Papua hasilnya dapat diumumkan dengan terkonfirmasi semua negatif Covid-19, namun hasil ini, belum bisa dinyatakan bersih dari virus corona karena harus dilakukan pemeriksaan terahir sesuai dengan prosedur penanganan Covid-19.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan bahwa setelah 14 hari kedepan akan dilakukan Swab tahap ke 3 untuk memastikan status pasien tersebut yang terkonfirmasi positif pada tahap pemeriksaan pertama di LAB RSUD Serui, Walupun hasil pemeriksaan kedua menunjukkan negatif namun mereka masih diwajibkan karantina sesuai dengan prosedur Covid.

Ketua Tim Gugus Kabupaten Waropen Yermias Bisai menghimbau kepada keluarga dan seluruh masyarakat di Kabupaten Waropen tidak mudah cepat terprovokasi atas informasi yang tersebar di media sosial tanpa melalui konfirmasi kepihak-pihak yang berwenang.

“Mari dengan besar hati mendukung semua proses pelayanan kesehatan penanganan covid 19 sesuai dengan protokol kesehatan, masyarakat tidak boleh memaksakan tim medis untuk mengumumkan atau menyatakan seseorang yang dalam keadaan sehat tetapi mari sebaiknya pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Penangan Covid-19 sesuia dengan prosedural kesehatan”. Harap Bupati Waropen Yermias Bisai.

Artikel Terkait

Kunjungi Waropen, Frits Siregar Cek Kesiapan Pilkada dan Sosialisasikan Prodak Hukum Bawaslu

Afrans

Bawaslu RI Divisi Hukum Fritz Edwar Siregar, Kunjungi Waropen

Afrans

Jurnalis Papua Jadi Agen Perubahan Cegah Covid-19

Bams

Hotel Sahid Jadi Rumah Sakit Rujukan

Bams

Terkait Bangunan Baru Koramil 1709-03, Ini Kata Ketua LMA Waropen

Afrans

Motivasi Warga Hidup sehat, Pemprov Papua Siapkan Hadiah

Bams

Pemprov Papua Izinkan Sekolah Dibuka

Bams

Ini Kedua Kalinya Perpani Papua Berikan Bantuan Kepada Pasien Terdampak Covid-19

Tiara

Kehabisan Anggaran Walikota Jayapura Hentikan Rapid Test Massal

Fani