Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Green Employee Involvement, Jadi Wadah Pegawai PLN Peringati Hari Lingkungan Internasional 2024

PLN UIP MPA menggelar kegiatan Green Employee Involvement di Pantai Menduck Holtekamp, Jayapura.

Jayapura – Sebagai wujud nyata implementasi Employee Volunteering Program 2024 dan guna meningkatkan jiwa kepeduliaan pegawai PLN agar terlibat secara aktif sebagai relawan dalam program peduli lingkungan, serta dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Internasional 2024.

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Maluku dan Papua (UIP MPA) menggelar kegiatan Green Employee Involvement di Pantai Menduck (Venue Dayung) Holtekam, Jayapura pada Senin (3/6/2024).

Program Green Employee Involvement merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) yang merujuk pada capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 12 yakni konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Pada tahun ini, program tersebut berfokus pada pembersihan dan pengolahan sampah di kawasan sungai, pesisir, atau pantai.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Frans Pikey, Komandan Rayon Militer 1701-03 Abepura, Kapten Inf. Riswan beserta anggota, Kepala Bank Sampah Jayapura, Samanggas Ronsumbre, perwakilan Lantamal X Jayapura dan Polres Kota Jayapura.

General Manager PLN UIP MPA, Wisnu Kuntjoro Adi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah komitmen PLN dalam menjaga serta melestarikan lingkungan secara berkelanjutan.

“Setiap sampah yang kita angkat, setiap sudut pantai yang akan kita bersihkan adalah langkah nyata untuk menjaga keindahan dan kelestarian lingkungan pesisir pantai. Ini bukan hanya tentang membersihkan tetapi juga tentang membangun kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan bagi generasi mendatang,” ucap Wisnu.

Wisnu mengajak semua elemen yang terlibat dalam kegiatan ini untuk bersama – sama dengan semangat gotong royong, bahu – membahu untuk mengembalikan keindahan pantai Jayapura agar dapat memberikan perubahan bagi masa depan lingkungan kita.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Frans Pekey yang hadir mewakili Penjabat Walikota Jayapura menyampaikan ucapan terima kasih yang luar biasa kepada PLN karena telah melaksanakan kegiatan peduli lingkungan di sekitar pantai.

“Dalam kesempatan yang luar biasa ini, saya mewakili Penjabat Walikota Jayapura mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah menyelenggarakan kegiatan peduli lingkungan hari ini,” ucap Frans.

Ia berharap kolaborasi dan sinergi Pemerintah dan PLN terus berjalan, yang nantinya dapat terus bekerja sama dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.

Sementara itu, Koordinator Umum Komunitas Rumah Bakau Jayapura, Theresia Faradila mengungkapkan antusiasme komunitasnya dalam kegiatan ini. Ia menyampaikan kegiatan kegiatan serupa sudah menjadi hal biasa yang dilakukan komunitas, namun kali ini sampah yang dikumpul harus diolah kembali untuk dijadikan produk baru.

“Program ini merupakan kesepakatan kita bersama tentunya dalam mengurangi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Sebagian besar sampah yang kami kumpulkan adalah sampah plastik, rencana akan kami cacah, kemudian akan jadi bahan dasar seperti pembuatan paving block, kerajinan tatakan meja, atau dalam skala besar dibuatkan partisi ruangan dari sampah. Inilah yang kemudian jadi tantangan kami bagi komunitas untuk mengolahnya jadi barang bernilai jual,” ucap There.

Kegiatan yang diikuti oleh 120 pegawai PLN, 40 orang dari Komunitas dan undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan sampah dari tiga titik lokasi dengan berat total 1,4 ton.