Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

DPR Papua Sarankan, Pemda Wajib Beli Hasil Kebun Masyarakat

Pemda Wajib Beli Hasil Kebun Masyarakat
Nason Utti, SE

Jayapura, – Dengan munculnya pandemi virus corona di dunia ini bukan saja bisa mengancam nyawa manusia tapi juga dapat melumpuhkan perekonomian dunia.

Bahkan hal itu telah terbukti di berbagai negara termasuk Indonesia. Dimana di sejumlah daerah termasuk Papua pertumbuhan ekonomi mulai lesuh akibat covid-19.

Oleh sebab itu, Anggota DPR Papua, Nason Utty, SE menyarankan, agar pemerintah daerah (Pemda) baik provinsi, kabupaten dan kota harus membeli hasil kebun masyarakat. Dengan tujuan agar, roda perekonomian di tingkat masyarakat paling bawa dapat berjalan lancar.

“Jadi saya imbau, gubernur, bupati dan wali kota mulai dari sekarang beli pangan lokal yang notabanenya merupakan hasil kebun masyarakat,” kata Nason Utty, Minggu (26/4).

Menurut Nason, dengan membeli hasil kebun masyarakat juga dapat mencegah penyebaran virus corona di Papua. Sebab, masyarakat tidak lagi turun ke pasar untuk menjual hasil kebunnya.

“Kan sekarang pemerintah instruksikan untuk social distancing dan physical distancing. Jadi ada nilai positifnya juga. Sudah begitu masyarakat dapat uang dan bisa memenuhi kebutuhan selama pandemi corona,” ujar Nason.

Nason pun mengapresiasi langkah Pemkab Biak Numfor yang sudah lebih dulu membeli hasil kebun masyarakat. Sehingga dirinya berharap para kepala daerah se-Tanah Papua bisa mengikuti langkah Pemkab Biak Numfor.

“Saya pikir it langkah yang sangat baik dan harus diikuti oleh pemkab dan pemkot lainnya. Dan kalau bisa bantuan yang diberikan ke masyarakat juga itu harus pangan lokal,” tuturnya.

Artikel Terkait

Lewat Audensi, Kanwil Kemenag Minta Dukungan DPR Papua

Tiara

Ketidakpercayaan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah Dinilai Masalah Utama Papua

Tiara

Tingkatkan Kebersamaan, Sekwan dan Anggota DPR Papua Beri Bantuan Hewan Qurban

Tiara

Reses di Keerom, Yunus Wonda Beri Bantuan Kepada Warga Jemaat Gidi El-Bethel Arso

Tiara

Yunus Wonda : Tidak Ada Regulasi Yang Mengharuskan Bupati atau Wabup OAP

Tiara

Reses di Dua Kampung, Yunus Wonda Serap Aspirasi

Tiara

Yunus Wonda : DPRP dan MRP Hanya Sebagai Fasilitator, Bukan Pengambil Keputusan

Tiara

Tiga Tahun Nasibnya Digantung, Moker PT Freeport Desak DPR Papua Bentuk Pansus

Tiara

BWS Papua Sosialisasi Pengembangan Tata Guna Air Bagi Para Petani

Bams