Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

DPR Papua Sarankan, Pemda Wajib Beli Hasil Kebun Masyarakat

Pemda Wajib Beli Hasil Kebun Masyarakat
Nason Utti, SE

Jayapura, – Dengan munculnya pandemi virus corona di dunia ini bukan saja bisa mengancam nyawa manusia tapi juga dapat melumpuhkan perekonomian dunia.

Bahkan hal itu telah terbukti di berbagai negara termasuk Indonesia. Dimana di sejumlah daerah termasuk Papua pertumbuhan ekonomi mulai lesuh akibat covid-19.

Oleh sebab itu, Anggota DPR Papua, Nason Utty, SE menyarankan, agar pemerintah daerah (Pemda) baik provinsi, kabupaten dan kota harus membeli hasil kebun masyarakat. Dengan tujuan agar, roda perekonomian di tingkat masyarakat paling bawa dapat berjalan lancar.

“Jadi saya imbau, gubernur, bupati dan wali kota mulai dari sekarang beli pangan lokal yang notabanenya merupakan hasil kebun masyarakat,” kata Nason Utty, Minggu (26/4).

Menurut Nason, dengan membeli hasil kebun masyarakat juga dapat mencegah penyebaran virus corona di Papua. Sebab, masyarakat tidak lagi turun ke pasar untuk menjual hasil kebunnya.

“Kan sekarang pemerintah instruksikan untuk social distancing dan physical distancing. Jadi ada nilai positifnya juga. Sudah begitu masyarakat dapat uang dan bisa memenuhi kebutuhan selama pandemi corona,” ujar Nason.

Nason pun mengapresiasi langkah Pemkab Biak Numfor yang sudah lebih dulu membeli hasil kebun masyarakat. Sehingga dirinya berharap para kepala daerah se-Tanah Papua bisa mengikuti langkah Pemkab Biak Numfor.

“Saya pikir it langkah yang sangat baik dan harus diikuti oleh pemkab dan pemkot lainnya. Dan kalau bisa bantuan yang diberikan ke masyarakat juga itu harus pangan lokal,” tuturnya.

Artikel Terkait

Sekretaris Fraksi PAN DPRP Minta Pj Gubernur Segera Lantik Pejabat Eselon Pemprov Papua

Jems

DPRP Minta Pj Gubernur Evaluasi Kinerja Kepala OPD

Bams

Sesuai UU Otsus, Presiden Wajib Terbitkan Perpres KKR dan Pengadilan HAM Ad Hoc di Papua

Bams

Peran Perempuan Dalam Lestarikan Eksistensi budaya dan kehidupan Masyarakat Asli Papua Dinilai Sangat Relevan

Bams

Kasus Pembantaian Warga Sipil di Nduga, Yunus Wonda Sebut Tindakan Tidak Berprikemanusiaan

Bams

Yunus Wonda: Pro Kontra Tentang Pemekaran Adalah Hal Biasa

Bams

Legislator asal Papua Himbau Masyarakat Sambut DOB

Bams

Komisi IV DPR Papua Minta OPD Rumpun Infrastruktur Tingkatkan Kinerja

Bams

Statement Mengandung Rasis, Bupati Tony Tesar Harus Minta Maaf Kepada Masyarakat Pegunungan

Bams