Pasific Pos.com
Headline Olahraga

Begini Progress Program Kerja Bidang I PB PON Papua

Yusuf Yambe Yabdi

JAYAPURA – Dalam rangka persiapan dan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 beberapa kegiatan telah dilaksanakan oleh Bidang I yang meliputi Bidang Pertandingan, Bidang Arena, Bidang Peralatan dan Bidang Upacara.

Ketua Bidang I PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdi mengatakan bahwa pekerjaan yang berada pada Bidang I terus dipacu karena waktu pelaksanaan PON XX tinggal beberapa bulan kedepan.

Yusuf mengatakan, beberpaa pekerjaan prioritas sudah selesai, salah satunya penyusunan Technical Handbook (THB) yang menjadi pedoman pertandingan pada perhelatan event olahraga PON XX/2021 Papua.

“Untuk THB sudah rampung, sekarang kita fokus pada peralatan pendukung iven olahraga akbar Indonesia itu. Kita sedang proses lelang seragam panpel dan pengadaan medali emas, perak dan perunggu,”kata Yusuf Yambe mantan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua itu kepada pers di Jayapura, Sabtu, 2 April 2021.

Yusuf menjelaskan, pihaknya sedang menyusun jadwal untuk melakukan test event PON pada Juni 2021 mendatang. Kemudian untuk peralatan PON, katanya, PON XX Papua akan mempertandingan 37 cabang olahraga (cabor), 56 disiplin cabor, 679 nomor pertandingan/perlombaan.

Oleh karena itu, dari 56 disiplin cabor itu, PB PON Papua mendapat tanggungjawab menyediakan peralatan 19 disiplin cabor, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bertanggungjawab menyediakan peralatan 37 disiplin cabor.

“Agenda prioritas PB PON kita sekarang adalah pengadaan peralatan, semua dalam proses, cabor layar dalam bulan ini sudah tiba di Jayapura,” ujarnya.

Kemudian untuk kesiapan bidang Arena sendiri, Yusuf menuturkan, ada beberapa venue temporeri yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Papua, Gor Waringin oleh Kota Jayapura dan venue rugby oleh Disorda Papua.

“semua dalam proses pekerjaan, kita harapkan bisa rampung tepat waktu, sehingga semua peralatan bisa masuk di masing-masing klaster paling lambat pada bulan Agustus 2021 mendatang,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Ketua KONI Pusat, Suwarno menyatakan peralatan PON yang dibiayai oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI diperkiran tiba di masing-masing klaster penyelenggaraan PON pada bulan Agustus mendatang.

“Pada bulan Agustus besok, peralatan dari Kemenpora sudah tiba di Papua, Pemerintah dan PB PON menyiapkan gudang peralatan, kami harapkan gudang peralatan harus ada untuk menampung peralatan pertandingan, tentunya perlu sebuah gudang yang memiliki kapasitas besar,” jelasnya.

Artikel Terkait

PB PON bersama Lanud Silas Papare Gelar Rapat Persiapan Simulasi Kedatangan Kontingen

Jems

Ketua Bidang I PB PON Silaturahmi ke Bupati dan Walikota Jayapura

Bams

Ketua PB PON Papua Kunjungi Asrama Rusunawa, Sekaligus Serahkan Bama

Tiara

PB PON Ajukan Anggaran Rp 1,6 Triliun

Bams

THB PON XX Papua Tuntas, Tapi ada Beberapa Catatan

Bams

Bank Papua Bantu PB PON Peralatan Kerja

Bams

PB PON Papua Gelar Pelatihan Fotografer dan Kameramen

Bams

PB PON Mulai Lelang Kegiatan Bulan Depan

Bams

Jalan Sehat, PB PON Imbau Masyarakat Sukseskan PON XX Tahun 2021

Bams