Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Anniversary Baku Timba Fest: Berawal Dari 16 UMKM, Kini Diminati Ratusan Pelaku Usaha

Owner Baku Timba Fest, Oktovianus Worabay ketika bersama tamu undangan saat merayakan Anniversary ke – 1 Tahun Baku Timba Fest.

 

 

Sentani – Perjalanan Baku Timba Fest sejak dimulainya ivent tersebut hingga Anniversary ke – 1 Tahun ternyata mengalami banyak suka dan duka.

Ya, suka duka itu dirasakan Owner Baku Timba Fest Oktovianus Worabay dikarenakan sejak awal digelar, Baku Timba Fest hanya diminati oleh 16 Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM).

Bahkan saat itu, Okto mengaku tidak mendapatkan dukungan sedikitpun dari pemerintah.

Namun seiring waktu, berkat kegigihan Okto yang pantang menyerah, Baku Timba Fest berubah menjadi Festival yang hampir tidak pernah sepi dari kunjungan masyarakat. Selain itu, ivent ini telah menghasilkan perputaran uang sebanyak 26 Miliar.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Okto ini mengatakan saat ini pihaknya bahkan tidak mampu menampung minat pelaku UMKM Kota/Kabupaten Jayapura yang ingin bergabung.

“Karena ada sekitar 500 UMKM yang berminat ingin terlibat sementara kami memiliki keterbatasan peralatan (tenda), dan lokasi sehingga kami tidak bisa menampung semua,” ungkap Okto usai Anniversary ke -1 tahun Baku Timba Fest di kawasan Stadion Papua Bangkit Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Sabtu (10/2/2024).

Dia menceritakan, selama setahun perjalanan Baku Timba Fest, pihaknya telah menggelar sebanyak 15 kali di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Dimana kata dia, pelaksanaan digelar di berbagai lokasi yang ada di Kota dan Kabupaten Jayapura.

“Tetapi pelaksanaan Baku Timba Fest yang meraup banyak keuntung dan antusias masyarakat itu, saat kita laksanakan di PYCH. Disitu kita meraup keuntungan yang tidak sedikit. Kemudian untuk lokasi yang cukup digemari oleh masyarakat itu di PTC Entrop,” katanya.

Ketika ditanyakan terkait tantangan yang dihadapi selama pelaksanaan Baku Timba Fest, menurut Okto setiap pekerjaan pasti memiliki tantangan tersendiri.

“Namun itu semua, kembali kepada pribadi kita mau berusaha atau tidak. Intinya ada disitu kalau kita berusaha, maka apa yang bakal dikerjakan akan berjalan dengan baik dan lancar,” pesannya.

Walaupun selama ini kurangnya dukungan dari pemerintah, bagi Okto itu tidak menjadi kendala untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

“Sebab dari awal, kami memulai ini dengan mandiri. Puji Tuhan, kami bisa memberikan sumbangan PAD ke Pemerintah baik pemerintah kota dan Kabupaten Jayapura,” pungkas Okto.

Tak lupa di Anniversary yang ke – 1 Tahun, Okto mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat dan semua pihak yang telah mendukung Baku Timba Fest.