Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

PLTMG Timika Kapasitas 10 MW Resmi Beroperasi

PLTMG Timika
PLTMG Timika kapasitas 10 MW.

Jayapura – Di tengah pandemi Covid-19, PLN berhasil menambah pembangkit baru di Papua yakni Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Timika berkapasitas 10 Megawatt (MW) yang terletak di Kampung Pomako, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika.

Beroperasinya pembangkit tersebut dapat meningkatkan pasokan daya listrik di Kabupaten Mimika dari sebelumnya 24,5 MW menjadi 34,5 MW.

“Selain untuk melistriki masyarakat dan mendorong tumbuhnya perekonomian, pembangkit ini awalnya direncanakan juga untuk mendukung Pekan Olahraga Nasional yang sedianya digelar pada tahun 2020, namun diundur menjadi tahun 2021 akibat Covid-19,” ucap Syamsul Huda, Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi Maluku Papua dan Nusa Tenggara.

“Tetapi sesuai komitmen, kami tetap menyelesaikan pembangunan pembangkit ini tepat waktu,” sambung Syamsul.

Pada PON XX, Kabupaten Mimika akan menjadi tuan rumah untuk berbagai cabang olahraga. Sebelumnya, pemerintah resmi menunda PON XX yang sedianya digelar pada bulan Oktober tahun 2020 karena pandemi Covid-19. Rencananya, PON XX akan digelar pelaksanaannya pada bulan Oktober 2021.

PLTMG Timika berhasil meraih Sertifikat Laik Operasi (SLO) untuk mesin pembangkitnya pada 5 Mei 2020. Pengerjaan PLTMG ini memakan waktu sekitar 22 bulan, terhitung sejak bulan Juli 2018.

“Total, PLN telah menyiapkan 115 MW pasokan listrik baru untuk Provinsi Papua. Pembangkit tersebut antara lain PLTMG MPP Timika (10 MW), PLTMG Jayapura Peaker (40 MW), PLTMG Biak 1 (15 MW), PLTMG Biak 2 (10 MW), PLTMG Merauke 1 (20 MW), dan PLTMG MPP Merauke 2 (20 MW),’ kata Syamsul.

Artikel Terkait

Warga Mengeluh, Pemadaman Listrik di Waropen Tidak Sesuai Jadwal

Pasific Pos

PLN Gandeng Perusahaan Listrik Asal Mesir Kerja Sama Kembangkan Proyek Smart Meter

Fani

Penyesuaian Tarif Listrik, PLN Pastikan Masyarakat Kecil Papua Tetap Terlindungi

Zulkifli

Tahun 2021, PLN Tuntaskan Listrik Desa Di Kampung Nggolar

Arafura News

PLN Papua Bantua Palajar dan Guru 12.250 Masker

Bams

Galakkan Electrical Lifestyle. PLN Gencar Sosialisasikan Kompor Induksi

Arafura News

Kampung Yanggandur Dapat Penambahan Jam Nyala

Arafura News

PON XX, PLN Jamin Pasokan Listrik

Bams

PLN Berikan 62 Alat Bantu untuk Difabel Jayapura

Zulkifli