Pasific Pos.com
Headline
Tersangka penembak anggota Polri di Yahukimo tahun 2022 lalu mendapat pengawalan ketat. (Foto : Istimewa)

Jayapura – Dua Anggota KKB, tersangka penyerangan terhadap anggota Brimob di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegununga pada November tahun 2022 berinisial AS (25) Bendahara Kampung Peneki dan KG alias KB (27) mahasiswa tiba di Polda Papua, Kamis (10/8/2023).

Keduanya diberangkatkan dari Yahukimo ke Jayapura sebelum diserahkan ke Kejaksaan Negeri Wamena, Kabupaten Jayawijaya bersama barang bukti.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan, kedua tersangka mendapat pengawalan ketat dari Satgas Ops Damai Cartenz.

“Kedua tersangka saat ini sudah berada di rumah tahanan Polda Papua sambil menunggu hasil koordinasi Penyidik Kepolisian dan Pihak Kejaksaan Negeri Wamena untuk kemudian diserahkan kepada pihak Kejari di Kabupaten Jayawijaya,” kata Faizal.

Kedua tersangka tersebut, kata Faizal, terlibat dalam aksi penyerangan dan penembakan terhadap Anggota Satgas Preventiv Operasi Damai Cartenz tahun 2022 yakni Bripda Gilang Aji Prasetyo di Kilo Meter 8 Kabupaten Yahukimo hingga menyebabkan meninggal dunia .

Selain Bripda Gilang Aji Prasetyo, keduanya juga melakukan penembakan terhadap Briptu Fazuarsyah. Korban terkena luka tembak di bagian punggung kiri dan dalam penanganan intensif oleh tim medis RSUD Dekai pada 30 November 2022 lalu.

“Barang Bukti yang turut diserahkan bersama kedua tersangka yaitu 6 pucuk senjata api rakitan beserta 4 butir amunisi,” jelasnya.