Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Upaya PLN Jaga Sistem Kelistrikan di Yalimo

Yalimo – Setelah akses jalur dari Wamena ke Yalimo sempat terputus dan kini bisa dilalui kembali, PLN segera melakukan pengiriman bahan bakar untuk pembangkit di Elelim, Kabupaten Yalimo pada Senin (1/3/2021). Hal ini membuat suplai listrik untuk pelanggan di Yalimo kembali normal.

Meski perbaikan jalan masih berlangsung, tetapi sebanyak 7.200 liter bahan bakar berhasil dikirimkan. Dalam melewati akses yang masih sulit di titik putus, pengangkutan ini mendapat bantuan dari alat berat yang berada di lokasi tersebut.

“Puji syukur saat ini kondisi kelistrikan di Yalimo telah kembali normal berkat suplai bahan bakar yang dapat diterima kembali,” ujar General Manager PLN UIW P2B, Abdul Farid.

Farid mengatakan, pasca terputusnya jalan yang menghubungkan Wamena dan Yalimo, PLN terus berkoordinasi dengan pihak setempat untuk mengetahui progres dan rencana pekerjaan pembersihan dan perbaikan akses tersebut.

Cadangan bahan bakar pembangkit yang sempat menipis saat itu mengharuskan PLN melakukan penyesuaian operasional pembangkit selama beberapa hari.

Farid pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga kelistrikan di Yalimo kembali beroperasi seperti biasa.

PLTD Elelim sendiri memiliki daya mampu sebesar 1100 kW. Daya tersebut menyuplai 1.174 pelanggan yang ada di Yalimo dengan beban puncak saat ini mencapai 400 kW. (red)