Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Warga Papua Diimbau Ibadah di Rumah dan Jangan Terprovokasi

Ketua Harian PB PON XX, Yunus Wonda.

JAYAPURA – Tanggal 1 Desember masyarakat Papua selalu memperingatinya sebagai Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka ( HUT OPM).

Oleh karena itu, Wakil Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengimbau kepada masyarakat untuk memperingati 1 Desember dengan ibadah di rumah masing-masing dan jangan terprovokasi dengan berbagai isu provokatif.

“Saya ingin sampaikan kepada seluruh masyarakat di bumi Cenderawasih untuk tidak menaikan bendera bintang kerjora, kalau ingin memperingati tanggal 1 Desember lalukan dengan ibadah, tetapi sampai naikan bendera, mari kita sama-sama menjaga situasi di Papua tetap kondusif,” tegas Yunus Wonda kepada pers di Jayapura, Senin, 30 November 2020.

Yunus mengimbau masyarakat untuk sama-sama menjaga situasi yang kondusif dan menjaga Papua sebagai zona damai. “Masyarakat silakan ibadah jika ingin merayakan HUT Papua Merdeka, yang terpenting itu jangan sampai masyarakat terpancing untuk menaikan bendera, jangan gara-gara bendera itu rakyat menjadi korban,” tegasnya lagi.

Yunus menambahkan, bulan Desember merupakan waktu yang sangat baik bagi umat Kristiani melakukan refleksi total terhadap perjalanan kehidupan mereka sebelum memasuki lingkaran Natal dan Tahun Baru.

Dan kepada aparat keamanan untuk bisa menahan diri, jangan seakan-akan Papua ini darurat militer atau seperti jalur gaza, Papua ini aman dan damai. “Tak perlu kerahkan aparat keamanan turun ke jalan-jalan pada tanggal 1 Desember, Papua ini aman dan damai,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kapen Kogabwilhan III) Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan, TNI tidak melakukan peningkatan pengamanan menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) kelompok bersenjata di Papua atau OPM pada 1 Desember.

Suriastawa mengatakan menjelang 1 Desember, kelompok bersenjata seringkali melakukan gangguan keamanan untuk menunjukkan eksistensinya.

TNI kata dia hanya melakukan pengamanan seperti biasanya tanpa ada peningkatan. Normal saja, paling pengamanan terhadap masyarakat. jangan sampai kegiatan masyarakat nanti terganggu,” kata Suriastawa kepada wartawan pada Jumat.

Menjelang Natal dan Tahun Baru 2021, TNI hanya melakukan pembinaan teritorial di wilayah posko masing-masing.

Artikel Terkait

Legislator Minta Aparat Keamanan Tidak Merespon Berlebihan Deklarasi ULMWP

Tiara

Ketua P5 : Beny Wenda Mendeklarasikan Dirinya Hanya untuk mencari Panggung

Jems

Sempat Ditahan Karena Dugaan Makar, 9 Warga Akhirnya Dibebaskan

Arafura News

Total 9 Orang Ditahan Karena Terlibat Makar

Arafura News

Antisipasi 1 Desember, Polresta Tingkatan Patroli Skala Besar

Ridwan

Peringati 1 Desember, Legislator Papua Imbau Masyarakat Untuk Lakukan Ibadah Syukur

Tiara

Kadepa : Negara Jangan Melihat 1 Desember Hanya Dari Sisi Politik

Tiara

Amankan Enam Orang Terkait Makar

Arafura News