Pasific Pos.com
Papua Selatan

Tindak Lanjuti Soal Rehabilitasi Areal NKT

PT BIA merauke
Jajaran PT BIA berfoto bersama undangan dan marga pemilik ulayat usai pertemuan ritual adat (foto:ist)
‘PT BIA Dan Sejumlah Pihak Terkait Hadiri Ritual Adat Pemilik Ulayat

MERAUKE, ARAFURA,-Menindaklanjuti pertemuan para pihak terkait rehabilitasi areal Nilai Konservasi Tinggi (NKT) pada tanggal 20 Februari 2020 lalu, dimana pada berita acara hasil pertemuan poin 1 (satu) yaitu penyelesaian persoalan akibat pembersihan lahan NKT yang merupakan tempat sakral tanah ulayat Marga Basik Basik Sigaze dikembalikan ke tingkat adat.

Dalam proses rehabilitasi pada tingkat adat dilakukan ritual adat untuk mengembalikan kesakralan tempat tersebut sehingga PT Bio Inti Agrindo (BIA) telah mengundang sejumlah pihak, antara lain pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan tokoh masyarakat untuk menyaksikan proses ritual adat oleh pemilik ulayat marga Basik Basik Sigaze.

Kegiatan tersebut berlangsung di areal perkebunan PT BIA Estate A pada Kamis tepatnya tanggal 12 Maret 2020 lalu. Adapun sejumlah tamu penting yang diundang antara lain Asisten 2 Setda Kabupaten Merauke, Ir. HBL Tobing, Kepala Dinas Lingkungan Hidup beserta tim, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam beserta tim lalu tim dari Balai Taman Nasional Wasur, Kepala Dinas DPMPTSP beserta tim, tim Dinas PU, tim Bappeda, tim cabang Dinas Kehutanan Merauke, Ketua Yasanto, Ir. Leonardus Mahuze, Ketua LMA Muting Sebastianus Ndiken, Wakil Ketua Marga, Ruben Basik Basik dan Marga Basik Basik Estate A.

Dalam kesempatan itu Asisten 2 Setda Kabupaten Merauke Ir. HBL Tobing mengemukakan bahwa pihaknya menyambut baik langkah perusahaan dan begitu pula untuk keluarga besar Basik Basik yang telah memaafkan perusahaan dan menerima kembali perusahaan untuk melakukan rehabilitasi. Ia juga menyampaikan bahwa dirinya menghadiri undangan tersebut selaku ketua tim teknis IMB, dalam hal ini diundang oleh perusahaan terkait dengan penyelesaian masalah yang menyangkut perusahaan karena telah memasuki area sakral. PT BIA merauke

Ia tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada perusahaan dan seluruh keluar besar Basik Basik yang telah memaafkan perusahaan dan menerima kembali perusahaan untuk melakukan rehabilitasi.

Sementara itu Wakil Ketua Marga, Ruben Basik Basik menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik langkah yang telah dilakukan oleh perusahaan dan tetap akan bersatu dengan perusahaan maupun leluhur yang ada terkait dengan hal-hal yang sudah disepakati sebelumnya, dalam hal ini akan dilakukan rehabilitasi kembali. PT BIA merauke

Artikel Terkait

Stok Darah Menipis, PT.BIA Gelar Aksi Donor Darah

Arafura News

Kembali Gelar Pertemuan Lintas Instansi Dan Stake Holder

Arafura News

PT. BIA Kerja Sama Dengan Telkomsel, ‘Komit Untuk Membuat Papua Terhubung’

Arafura News

Aksi Peduli PT.BIA Melawan COVID-19 Untuk Papua

Arafura News

PT.BIA Gelar Kegiatan Pemagangan Orang Asli Papua

Arafura News

Komitmen Kuat PT. Bio Inti Agrindo Untuk Standar Sawit Berkelanjutan Yang Lebih Baik

Arafura News

Kebijakan NDPE PT.Bio Inti Agrindo

Arafura News