Pasific Pos.com
Headline

Tiba di Jakarta, Karpet Bola Tangan dan Voli Segera Dikirim ke Papua

Karpet untuk cabor bola tangan dan voli indoor yang dibeli dari Prancis berada di Gudang PT. Jasa Utama Karya Cemerlang.

JAYAPURA – Persiapan untuk mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 terus dikebut, diantaranya peralatan pertandingan di masing-masing venue.

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) memastikan beberapa peralatan PON saat ini sudah berada di Papua. Terbaru, karpet lapangan pertandingan voli dan bola tangan didatangkan dari Prancis telah tiba di Jakarta dan pekan depan segera dikirim ke Mimika dan Jayapura.

Technical Delegate (TD) Cabang Olahraga (Cabor) Voli Indoor, Regi Nelwan usai mengikuti Zoom Meeting bersama Tim Pejabat Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PPHP) PB PON mengatakan bahwa karpet untuk lapangan pertandingan voli sesuai spesifikasi dan memenuhi standar internasional.

“Kita sudah lihat barangnya walaupun melalui zoom Meeting barang sesuai denga spesifikasi dan standar internasional,” kata Regi ketika dikonfirmasi, Sabtu (17/7/2021).

Dikatakan, karpet yang dibeli dari Prancis, merknya Gerflor Typenya Taraflex Evolution (Tx Evolution). “Karpet yang kita pakai di PON Papua nanti sama dengan yang digunakan pada kejuaran Asia, Pro Liga bahkan merknya sama yang dipakai pada Asian Games Jakarta-Palembang tahun 2018 lalu,” katanya.

Karena itu, Regi mengapresiasi pemerintah dan PB PON Papua yang serius dalam menyiapkan peralatan pertandingan PON di Bumi Cenderawasih. “Semua peralatan voli indoor sudah sesuai spesifikasi, itu juga berdasarkan masukan dari kami sebagai TD dan kami yakin peralatan yang kami rekomendasikan itu sangat memenuhi syarat, tidak hanya secara nasional, tetapi juga internasional,” ujarnya.

Regi berharap, pihak penyedia bisa segera mengirimkan peralatan ini ke Jayapura, sehingga bisa terpasang di venue. Sebab, dijadwalkan pada bulan Agustus mendatang, cabor voli akan menggelar tes event.

“Kalau proses pengiriman dari hasil diskusi dengan pihak penyedia pekan depan sudah dikirim, mudah-mudahan awal bulan Agustus sudah tiba di Jayapura,”harapnya.

Senada disampaikan TD cabor Handball /bola tangan Mustafa Masyhur mengatakan merk karpet Gerflor untuk lapangan pertandingan bola tangan sudah sesuai dengan rekomendasi dari Pengurus Besar Asosiasi Bola Tangan Indonesia (PB ABTI).

“Merk karpet Gerflor sudah dipakai di berbagai kejuaraan bola tangan baik di Asia maupun dunia. Karpet buatan koda mode (Prancis) sudah memenuhi standar,” katanya.

Menurut Mustafa, PB APTI sendiri memili satu set karpet merk Gerflor dan dipakai untuk pra kualifikasi PON XX Papua yang akan dilaksanakan di Purwokerto, Jawa Tengah, 20-24 Oktober 2019.

Oleh karena itu, dia imbau kepada PB PON Papua untuk dapat berkoodinasi dengan TD Futsal, apakah bisa menggunakan merk ini untuk pertandingan futsal, karena di beberapa kejuaraan merk karpet Gerflor dipakai futsal.

“Karpet ini sudah dipakai di pertandingan bertaraf internasional, untuk futsal juga bisa, tetapi harus dikordiasi dulu dengan TD futsal, karena lebar dan luar lapangan sama hanya beberapa garis yang dibedakan, pada dasarnya olahraga indoor gunakan merk karpet ini,”ujarnya.

Mustafa menambahkan, cabor bola tangan merencakana tes event pada bulan Agustus mendatang, namun menggunakan peralatan yang ada sekarang. “Tes event ini bukan soal peralatannya, tetapi bagaimana kesiapan panitia lokal. Tetapi jika futsal juga bisa gunakan karpet ini, lebih bagus lagi, karena bisa dipasang duluan,” tandasnya.

Diketahui, karpet bola voli indoor dan bola tangan didatangkan dari Prancis oleh kontraktor PT Jasa Utama Karya Cemerlang.

Direktur PT Jasa Utama Karya Cemerlang, Yacob Ibrahim yang dikonfirmasi, Sabtu malam mengatakan bahwa peralatan berupa karpet untuk cabang olahraga bola tangan dan voli akan segera dikirim ke Jayapura dan Mimika.

“Kita pastikan setelah Hari Raya Idul Adha Selasa besok, peralatan ini sudah kita kirim ke Papua, harapanya awal bulan Agustus barangnya sudah tiba di Jayapura maupun Mimika,”tutupnya.

Artikel Terkait

PON XX, Peralatan Akuatik Berkualitas dan Berstandar Internasional

Bams

Disorda Papua Verifikasi Peralatan Pertandingan PON Hibah Pemerintah di Merauke

Bams

Yunus Wonda: 80 Persen Peralatan PON sudah Tiba di Papua

Bams

PON XX, Peralatan Biliar Terpasang Di Venue

Bams

Kurang 7 Bulan, Panitia Simulasi Jadwal Lelang Peralatan PON Papua

Bams

Bulan ini, Lelang Peralatan PON Tuntas

Bams

Pengiriman Peralatan Menembak PON ke Jayapura Lewat Cargo Pesawat

Bams

Kemenpora Minta Papua Siapkan Gudang Peralatan PON

Bams

PB PON Fokus Merampungkan Akomodasi dan Peralatan

Bams