Pasific Pos.com
Headline

Status TSK Bupati Terpilih Waropen Yermias Bisai Dipulihkan

Yermias-BIsai
Yermias Bisai,S.H

WAROPEN-Lanjutan pelaksanaan Sidang di Pengadilan Negeri Jayapura, perkara Praperadilan untuk kasus yang menetapkan Bupati Terpilih Kabupaten Waropen Yermias Bisai, SH dibatalkan, dan permohonan praperadilan diterima atau dikabulkan.

Hal itu disampaikan oleh Kuasa Hukum Bupati Waropen Terpilih Yermias Bisai, Patrice Rio Kafela, saat jumpa pers via virtual, Rabu (10/3) pagi. Kuasa Hukum menjelaskan, dalam sidang yang terbuka dan disaksikan oleh umum yang berakhir pada Selasa malam (9/3) itu, hakim membaca putusannya, untuk menerima permohonan praperadilan dan membatalkan Prindik , dengan alasan bahwa kliennya tidak pernah menerima SPDP (Surat Dimulainya Perintah Penyidikan).

“Putusan hakim terhadap permohonan kami untuk membatalkan sprindik penetapan Tersangka Yermias Bisai dikabulkan dengan alasan sprindik itu tidak dikeluarkannya SPDP yang menurut Surat NK no 130 itu seminggu setelah dikeluarkannya Sprindik, harus dikeluarkan SPDP tapi ternyata tidak ada,” jelas Kuasa Hukum Rio Kafela.

Dari putusan tersebut, secara otomatis nama baik dari Bupati Terpilih Yermias Bisai telah Kembali dipulihkan. Juga Yermias Bisai tidak lagi ditetapkan sebagai tersangka, karena putusan tersebut telah dibatalkan, sebab tidak sesuai dengan prosedur.

“SPDP dikeluarkan paling lama 7 hari. Klien tidak pernah menerima SPDP itu. Dikirimkan kepada TSK. sesuai dengan Objek praperadilan status TSK dibatalkan. Permohonan kami untuk membatalkan Sprindik, untuk penetapan tersangka dikabulkan dengan alasan sprindik itu tidak dikeluarkannya SPDP yang menurut MK seminggu setelah dikeluarkan Surat Penyidikan,” jelas Kuasa Hukum Rio Kafela.

Pihaknya kini bersyukur pemulihan dan rehabilitasi nama baik Bupati Terpilih Kabupaten Waropen Yermias Bisai bisa secara otomatis dikeluarkan, setelah adanya putusan tersebut. (il)

Artikel Terkait

Tinjau Kesiapan Infrastruktur Sidang Sinode ke-XVIII, Bupati Yermias: Ditargetkan Tuntas Sebelum Bulan Desember 2021

Afrans

Pimpin Apel Perdana, Bupati Terpesona Akan Kehadiran ASN

Afrans

Setibahnya di Waropen, Bupati dan Wabub Disambut Warga

Afrans

Bupati Yermias Bisai dan Wabup Lamek Maniagasi, Siap Gelar Syukuran di Waropen

Afrans

Bupati dan Wakil Bupati Waropen Resmi Dilantik

Afrans

BISMA Siap Dilantik Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Waropen

Afrans

Yermias Bisai dan Lamek Maniagasi Terpilih Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Waropen

Afrans

Pemda Dorong Gelar S1 Untuk Semua Guru Sekolah di Waropen

Afrans

Bisma Siap Lanjutkan Program Gepemkesmawar

Afrans