Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

RSUD Jayapura Buka UGD Baru

RSUD Jayapura Buka UGD Baru
Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal

JAYAPURA – Untuk memaksimalkan pelayanan kepada pasien non-Covid-19 di Jayapura pemerintah rovinsi Papua mengalihfungsi gedung baru Instalasi Rawat Jalan (IRJ) RSUD Jayapura, menjadi unit gawat darurat (UDG).

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, mentatakan, gedung baru IRJ RSUD Jayapura, kini dapat menangani pasien non-Covid-19. “Supaya ada keseimbangan terhadap pelayanan kesehatan kepada pasien Covid-19 maupun panyakit lainnya,” kata Wagub Klemen Tinal kepada pers usai rapat koordinasi persoalan rujukan pasien di Jayapura serta kinerja layanan kesehatan saat pandemi Covid-19, Senin (29/6/2020).

Untuk gedung UGD lama, katanya, akan fokus melayani pasien Covid-19. Hanya saja, bagi pasien OTG (orang tanpa gejala) serta PDP (Pasien Dalam Pengawasan) rencananya bakal digeser ke Hote Sahid Jayapura atau isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Sehingga nanti pasien yang dirawat di UDG RSUD Jayapura itu adalah pasien berstatus positif Covid-19 yang membutuhkan perawatan,” ucapnya.

Wagub Klemen juga meminta rumah sakit di Papua segera berbenah mempersiapkan pelayanan bagi pasien non-Covid-19. Sementara untuk kekurangan dan kendala yang dihadapi rumah sakit, ia memastikan Pemprov Papua siap memberi dukungan.

“Sehingga nanti kalau ada rumah sakit yang kurang pasokan air, kita akan menyurat ke PDAM supaya bisa menangani masalah itu. Sementara untuk ada pula rumah sakit yang kekurangan akomodasi maupun ruangan akan kita coba back up”.

“Intinya di Jayapura hanya RS Abepura saja yang melayani Pasien Covid-19. Yang lain tetap tangani Covid-19 dan non-Covid-19. Tapi kita juga harus ingat ada RS swasta yang ada prosedur operasional dari manajemen dalam menangani pasien. Walau demikian, Pemprov Papua membangun komunikasi supaya pelayanan kesehatan tetap berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Artikel Terkait

Direktur RSUD Jayapura Akan Lakukan Evaluasi Total Bawahannya

Tiara

Kartu Perdana Internet untuk Tenaga Medis di Maluku dan Papua dari Telkomsel

Zulkifli

Tiga Rumah Sakit di Jayapura Dapat Bantuan dari Telkom

Zulkifli

Tiga Rumah Sakit Dapat Bantuan APD dari Bank Mandiri

Zulkifli

Dirjen Pajak Beri Bantuan 470 Paket APD kepada RSUD Jayapura

Zulkifli

Pemprov Papua Sediakan Bahan Pangan Tenaga Medis RSUD Jayapura

Zulkifli

Komisi V DPR Papua Temukan Banyak Masalah di RSUD Jayapura

Tiara

DPR Papua Kembali Serahkan Bantuan untuk RSUD Jayapura

Tiara

Komisi V DPR Papua Temukan RSUD Jayapura Kekurangan Ruangan Untuk Pasien Covid-19

Tiara