Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

RSUD Jayapura Bangun Gedung IGD Khusus PON

Jayapura – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura memastikan telah siap menyambut perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar 2-13 Oktober 2021 mendatang.

Wakil Direktur RSUD Jayapura, dr. Silwanus Sumule mengatakan untuk mendukung pemerintah mensukseskan event Nasional tersebut, manajemen rumah sakit telah membangun IGD baru yang dikhususkan untuk pelayanan atlet PON nanti.

“RSUD Jayapura telah menyiapkan fasilitas penunjang maupun tenaga medis yang akan menangani pasien peserta PON XX,” kata Sumule kepada pers di Jayapura, akhir pekan kemarin.

Menurutnya, ada gedung baru yang dibangun khusus untuk mendukung pelaksanaan PON di Papua, seperti Instalasi Gawat Darurat (IGD), Gedung Critical Care dan ada satu gedung lagi yang sedang dibangun dan diharapkan rampung pada bulan Juni mendatang.

“Pada prinsipnya RSUD Jayapura sudah 80 persen sangat siap menyambut PON di Papua, dari segi SDM dan fasilitas pendukung sudah siap,” tegasnya.

Selain itu, katanya, RSUD Jayapura kini sudah memiliki alat kesehatan diagnosis canggih, seperti CT scan dan MRI scan. “Dari sisi sumber daya manusia kita sudah sangat siap, kami sudah punya Dokter Spesialis Bedah Ortopedi, Dokter Bedah Saraf, maupun Dokter rehabilitasi medis,” ucapnya.

Diketahui, PON XX 2021 di Papua akan menggelar 37 cabor, 56 disiplin, 679 nomor pertandingan. Dengan kuota atlet yang akan berlaga di PON Papua menjadi 6.442 orang, mengalami pengurangan 1/3 dari kuota sebelumnya di PON Jawa Barat yakni 9.929 atlet.

PON XX akan berlangsung di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Kabupaten Mimika.

Artikel Terkait

RSUD Jayapura Produksi Oksigen Medis

Bams

Workshop Jurnalis, Gaung Peparnas Harus Sampai ke Seantero Indonesia

Bams

PON XX, Peralatan Biliar Dikirim ke Mimika

Bams

Ini kata Tokoh Adat Kabupaten Jayapura Soal Otsus, DOB dan PON XX Tahun 2021

Jems

Band Kotak dan Komunitas Kesenian Papua Meriahkan Gebyar PON

Bams

Anggaran PON XX Rp 94,8 Miliar Disalurkan ke Sub PB Klaster Kabupaten Jayapura

Jems

Tim Kemendagri cek kesiapan PON Papua

Bams

Klaster Mimika Menunggu Kepastian Anggaran PON

Bams

Kembali Pertegas Pengamanan PON, Untung Sangaji:Masuk Di Area Saya Tanpa Status, Langsung Dikeluarkan

Arafura News