Pasific Pos.com
Olahraga

Persiapan menuju PON, Rugby Papua Butuh Try Out

JAYAPURA – Persiapan tim Rugby putra dan putri Papua menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 berjalan sesuai program.

Tim Rugby pun optimistis bisa menyumbangkan medali emas bagi kontingen Papua pada event Nasional empat tahunan tersebut.

“Persiapan tim di Jayapura sudah sangat bagus. Kami terus perdalam kesiapan tim, dan selama di sini sudah beberapa kali menggelar laga ujicoba,” ujar Ketua Harian Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Papua, George Deda, Rabu (02/12/2020).

Pria yang juga Pelatih Kepala ini mengaku timnya sangat memerlukan try out keluar Papua, bahkan ke luar negeri seperti Malaysia. Sebab dipilihnya Negara itu, karena standar Asia Tenggara, perkembangan rugby sangat luar biasa, banyak tim-tim hebat disana dan kejuaraan juga banyak,” ungkapnya.

Diungkapkan saat ini timnya berkekuatan 16 pemain putra/putri, namun jumlah tersebut akan dikurangi menjadi 12 pemain skuad inti tim rugby PON Papua. Kendati demikian, Ia tak menapik bahwa para atletnya ini memiliki kualitas terbaik. Bahkan ada beberapa atlet merupakan atlet pelatnas Indonesia.

“Kalau bisa di bilang kita ini skuad inti timnas, karena banyak pemain dari kita memperkuat timnas rugby Indonesia yang punya pengalaman dan jam bertanding,” katanya.

Apalagi lanjut Deda, meskipun cabang olahraga rugby baru pertama kali di pertandingkan sebagai cabor eksebisi di event olahraga empat tahunan. Namun berkaca di laga itu, timnya mampu mengawinkan gelar juara medali emas. Oleh karena itu, Ia optimis medali emas tetap menjadi genggamannya.

“Kami baru di pertandingkan, tapi putra/putri kawinkan gelar juara di laga eksebisi PON Jawa Barat lalu. Prestasi lainnya di berbagai turnamen bergengsi juga mampu berprestasi gemilang, buktinya saja banyak atlet dari rugby di panggil pelatnas Indonesia. Kami punya kans untuk meraih emas cukup besar,” pungkasnya.

Diketahui Rugby sebagai salah satu cabang olahraga andalan Papua pada perhelatan PON XX. Rugby Papua tidak pernah gagal menjadi juara, seperti PON Jawa Barat tahun 2016 mengawinkan medali emas eksebisi putra putrid, event Kejurnas Jakarta 2017 dan Kejurnas Yogyakarta 2018 mendapatkan juara dan terakhir berrhasil membawa pulang gelar juara di turnamen rubgy di Bali, tahun 2019.

Artikel Terkait

Gara-Gara Virus Corona, Rugby Papua Batal TC ke Malaysia

Bams