Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Perkenalan Sekolah di Papua secara Online

Perkenalan Sekolah di Papua secara Online
Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait

Jayapura – Tahun ajaran baru 2020/2021 di Provinsi Papua dimulai, Senin (13/7) pagi. Sejumlah sekolah menerapkan beragam kebijakan.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ada yang menggelar pertemuan tatap muka maupun secara online (virtual).

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait mengatakan, pembelajaran di tahun ajaran baru secara online resmi dibuka hari ini (Senin-red).

“Hari ini, Senin (13/7) secara serentak diseluruh Indonesia proses pembelajaran sudah berlangsung. Khusus di Papua tadi secara online saya buka yang terbagi atas beberapa bagian cara belajar,” kata Christian kepada wartawan di Jayapura.

Dia mengatakan, pembelajaran hanya untuk masa perkenalan lingkungan sekolah (MPLS) secara online.

Kemudian, untuk proses belajar tetap masih dilakukan secara online, karena pandemi Covid-19, pemerintah masih memberlakukan libur hingga 30 Juli mendatang.

‘’proses pembelajaran tetap dilakukan dari rumah secara online. jika di masa normal pembelajaran dilakukan dari pukul 08.00-15.00 WIT. Namun, dimasa pandemi Covid-19 ini pembelajaran dari pukul 08.00-11.00 WIT,’’ ujarnya.

Christian mengakui, ada sekolah yang melakukan pembelajaran secara tatap muka, tapi hanya dikhususkan untuk sekolah kejurusan.

Seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan pariwisata atau perhotelan yang hanya memiliki pelajar sedikit, itu bisa dilakukan secara tatap muka, namun tetap mengikuti protocol kesehatan.

Selain itu, lanjut Sohilait, siswa dan guru yang melakukan tatap muka diwajibkan mengenakan masker. ‘’murid yang datang ke sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sesuai arahan pemerintah dan tetap untuk menjaga jarak atau physical distancing,’’ pungkasnya.

Artikel Terkait

284 Siswa Adem Kembali ke Papua

Bams

Dinas Pendidikan Kerjasama Dengan Uncen Selesaikan Grand Desain Pendidikan Papua

Bams

Sekolah Negeri di Papua Dilarang Pungut Biaya Pendaftaran

Bams

UN 2020 Ditiadakan, Papua Tunggu Mekanisme dan Aturannya

Bams

Dinas Pendidikan Lakukan Penyemprotan Desinfektan Cegah Virus Corona

Bams

Didik Siswa SMK, Dinas Pendidikan Bekerjsama Dengan PT PLN

Bams