Pasific Pos.com
Headline Kabupaten Jayapura

Peringati Hari Pattimura Ke-205, Ikemal Gelar Donor Darah dan Beberapa Kegiatan

Ketua Panitia Pelaksana Hari Pattimura Ke-205 Gempa Syah Chandra Pattisahusiwa didampingi Sekretaris Umum Ikemal di Tanah Papua Harry Silooy dan Ketua Ikemal Kabupaten Jayapura Herald J. Berhitu, saat memberikan keterangan kepada wartawan media online ini usai kegiatan donor darah di Halaman Masjid Agung Al-Aqsha Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (7/5/2022) sore

SENTANI – Rangkaian kegiatan Hari Pattimura ke-205 tahun 2022, Ikemal di Tanah Papua kembali menyelenggarakan kegiatan donor darah sebagai upaya menumbuhkan kesetiakawanan sosial, jiwa-jiwa patriotisme dan sikap mau berkorban.

Dalam kegiatan donor darah, Ikemal di Tanah Papua melalui Panitia Pelaksana Hari Pattimura ke-205 dan Halal Bihalal tahun 2022 Provinsi Papua bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Jayapura, di Halaman Masjid Agung Al-Aqsha, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (7/5/2022) sore.

Sore harinya, bakti sosial donor darah sudah selesai dan berhasil mengumpulkan 40 kantong darah dari puluhan peserta donor darah.

Ketua Panitia Peringatan Hari Pattimura ke-205 dan Halal Bihalal 2022, Gempa Syah Chandra Pattisahusiwa mengatakan, kegiatan donor darah kali ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Pattimura ke-205 tahun 2022 dan juga Halal Bihalal 1443 H/2022 M.

” Untuk kegiatan donor darah kali ini dilakukan dalam rangkaian kegiatan Hari Pattimura yang ke- 205 tahun 2022 dan juga Halal Bihalal 1443 H. Sedangkan untuk target berapa banyak kantong darah yang yang terkumpul dari aksi donor darah itu tidak ada, tapi sesuai kemampuan kantong-kantong darah yang disiapkan oleh PMI Kabupaten Jayapura,” katanya saat dikonfirmasi wartawan media online ini usai kegiatan donor darah tersebut.

Menurut pria yang akrab disapa Gempa ini, bakti sosial donor darah ini terbuka untuk umum, sehingga antusias dari masyarakat sangat tinggi untuk datang untuk mendonorkan darahnya.

“Jadi, bukan hanya orang Maluku saja yang datang ikut donor darah. Tetapi, warga dari berbagai kerukunan dan Paguyuban lain juga ikut datang untuk mendonorkan darah mereka seperti dari paguyuban KKSS juga ada yang datang langsung bersama pengurus KKSS dan ketuanya bapa Wagus Hidayat,” tuturnya.

“Sebagai ungkapan memaknai arti perjuangan Pattimura, kami dari Ikemal di Tanah Papua dalam hal ini panitia pelaksana Hari Pattimura mengimplementasikan dalam kegiatan donor darah, di mana darah yang kita sumbangkan akan membantu kehidupan sesama,” ujar Gempa didampingi Sekretaris Umum Ikemal di Tanah Papua, Harry Silooy dan Ketua Ikemal Kabupaten Jayapura Herald J. Berhitu.

Di sisi lain, pria yang juga Ketua Ikemalteng Kabupaten Jayapura ini mengatakan, setelah donor darah nantinya rangkaian Hari Pattimura ke-205 tahun 2022 yaitu, ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa di Waena Kota Jayapura pada 14 Mei mendatang, kemudian lari Obor Pattimura mulai start dari TMP Kesuma Bangsa di Waena dan finish di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah untuk disemayamkan.

“Sebelumnya juga kami dari panitia sudah lakukan kegiatan bakti sosial lainnya seperti membagikan Takjil pada saat bulan suci Ramadhan di Kota Sentani dan Kota Jayapura. Kemudian, kita juga lakukan kerja bakti kebersihan di Taman Ikemal yang ada di Kota Jayapura. Setelah kegiatan donor darah ini, kita juga masih akan lakukan rangkaian kegiatan lainnya seperti ziarah ke taman makam pahlawan Kesuma Bangsa di Waena pada Sabtu 14 Mei 2022 dan dimulai pukul 08.00 WIT,” bebernya.

“Kemudian kita akan lanjutkan di sore harinya lagi pukul 17.00 WIT, dengan pelaksanaan Lari Obor Pattimura dari taman makam pahlawan Kesuma Bangsa melalui enam etape hingga finish di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura. Lalu api obor itu akan diserahkan ke Bupati Jayapura, guna disemayamkan di Kantor Bupati Jayapura selama satu malam,” imbuh Gempa menambahkan.

Usai disemayamkan di Kantor Bupati Jayapura, kata Gempa, api obor Pattimura itu bakal di bawa dari Kantor Bupati Jayapura menuju GOR STAKIN GIDI Sentani.

“Setelah di semayamkan di Kantor Bupati Jayapura, pada 15 Mei 2022 sekitar pukul 16.30 WIT api obor itu dibawa ke GOR STAKIN GIDI Sentani. Kemudian, di hari yang sama tanggal 15 Mei itu merupakan acara puncaknya yaitu, kita akan buat malam baku dapa yang diawali dengan acara Halal Bihalal dan kita lanjutkan dengan resepsi syukuran Hari Pattimura ke-205,” pungkasnya.

Untuk diketahui, puncak acara Hari Pattimura ke-205 tahun 2022 juga akan dihibur oleh Nona Ona Hetharua dan Willy Sopacua.

“Untuk mensukseskan peringatan Hari Pattimura ke-205, kami dari pengurus Ikemal di Tanah Papua mengajak kepada seluruh masyarakat Maluku yang ada di Papua khususnya di Jayapura agar terus menjaga kebersamaan yang hingga saat ini masih terjaga di Papua,” tambah Sekretaris Umum Ikemal di Tanah Papua, Harry Silooy.

Artikel Terkait

Ini Harapan Raflus saat Tutup Pelatihan Kru Ambulans PMI

Jems

Tingkatkan Kualitas Layanan, PMI Papua Gelar Pelatihan Petugas Ambulans

Jems

Donor Darah Batalyon Raider 755/Yalet Diapresiasi

Arafura News

Prajurit Lantamal X Sumbang 40 Kantong Darah

Bams

Di Usia 75 Tahun, PMI Setia Membantu Mengatasi Kesulitan Masyarakat

Jems

PMI Papua Terus Berupaya Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Bams

Salurkan Bantuan, PMI Sangat Selektif

Arafura News

Cegah penyebaran Covid-19, PMI Papua Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Bams

Penyemprotan Desinfektan Juga Harus Dilakukan di Pemukiman Warga

Tiara