Pasific Pos.com
Headline Olahraga

Peresmian Venue PON Secara Virtual, Ketua Panitia Sampaikan Permohonan Maaf

Peresmian Venue PON Secara Virtual

Jayapura – Gubernur Papua Lukas Enembe direncanakan meresmikan Stadion dan sejumlah Venue PON pada 23 Oktober 2020 mendatang.

Selain peresmian Stadion Papua Bangkit yang akan berubah nama menjadi Lukas Enembe dan 9 venue PON XX, Count Down 365 hari menuju PON XX tahun 2021 di Provinsi Papua, sosialisasi persiapan PON XX, pergantian nama Bandara Sentani menjadi Bandara Theys Hiyo Eluay serta peluncuran buku Orang Asli Papua, panitia awalnya ingin membuat acara dengan menghadirkan masyarakat Papua di stadion kapasitas 43 ribu orang itu.

Sayang, pihak kepolisian daerah Papua hanya mengizinkan acara peresmian dilakukan secara virtual tanpa penonton.

“Meskipun peresmian virtual, masyarakat Papua dapat menyaksikan melalui siarang langsung pada stadion TVRI, Jaya TV dan Metro TV,” ungkap ketua Panitia Yunus Wonda.

Yunus menyampaikan permintaan maafnya kepada seluruh lapisan masyarakat, lantaran Polda tidak memberikan izin karena adanya pandemi Covid-19 ini, sehingga masyarakat disarankan dapat menyaksikan di TV dan RRI.

“Kami panitia minta maaf kepada masyarakat, kita harus patuh kepada aturan pemerintah tentang protokol kesehatan Covid-10. Mohon maaf sebesar-besarnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw merekomendasikan pada peresmian venue PON XX Papua dan pergantian nama Bandara Sentani menjadi Bandara Theys Joyo Eluway dilakukan secara virtual dan menolak kegiatan peresmian tersebut dengan mendatangkan masa karena menyangkut protokol kesehatan.

“Kita mengetahui bahwa Jayapura memiliki 100 orang per hari yang terjangkit Covid-19, kami dari Polda Papua mempunyai dasar hukum dalam pasal PP no 21 tahun 2020 tentang pasal pembatasan sosial bersekala besar,” ungkap Kapolda Papua.

“Polda Papua mendukung peresmian Stdion Lukas Enembe dan pergantian nama Bandara Sentani menjadi Bandara Tyeis apabila dilakukan secara virtual dan menolak dengan kerumunan massa.”, tegasnya.

Venue PON XX Papua yang akan diresmikan diantaranya, Lapangan Menembak Indoor di Stadion Lukas Enembe, Lapangan Menembak Outdoor dan Lapangan Baseball di Auri Lanud Silas Papare, GOR Voli dan Lapapangan Voli Pasir di Koya Koso, Lapangan Tenis di Kompleks Kantor Walikota Jayapura dan GOR Futsal di timika, GOR GIDI, lapangan Softball/Baseball Universitas Cenderawasih.

Artikel Terkait

Meksi Secara Virtual, Polda Tetap Pantau Peresmian Stadion Papua Bangkit

Ridwan

Seribu Personel Amankan Peresmian Venue PON Papua

Bams

Wakapolda Papua Pantau Kesiapan Peresmian Venue PON

Bams

Peresmian Venue PON Diundur 23 Oktober

Bams

Peresmian Venue PON Dilakukan Secara Virtual

Bams

Venue Menembak PON XX Rampung 100 Persen

Bams

Izin Peresmian Venue, PB PON Akan Bertemu Kapolda

Bams

Peserta Peresmian Venue PON Wajib Miliki Kartu Bebas Covid-19

Bams

Polda Papua Masih Pertimbangkan Ijin Keramaian Peresmian venue PON

Ridwan