Pasific Pos.com
Papua Selatan

Penerima Program P2L OAP Jadi Fokus Perhatian Anggota DPRP

Program P2L OAP
Fauzun Nihayah bersama Kelompok Penerima Program Pekarangan Pangan Lestari Ibu Rumah Tangga Asli Papua (foto:ist)

MERAUKE,ARAFURA,- Fauzun Nihayah selaku Anggota DPR Papua Fraksi NasDem hampir sepekan melakukan kunjungan resesnya dan berbagai kegiatan reses dilakukan dengan masyarakat dapilnya. Belum lama ini beliau melakukan kunjungan ke kelompok penerima program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) khususdnya kelompok penerima ibu-ibu rumah tangga Orang Asli Papua (OAP) antara lain di perkampungan Biangkuk, Muli Dalam, Mopah Lama dan Kampung Wasur

Menurut Fauzun Nihayah, program P2L bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan untuk rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman. Selain itu juga dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui penyediaan pangan yang berorientasi pasar. Program P2L adalah aspirasi H Sulaeman L.Hamzah dan pihaknya memang sangat berharap ibu-ibu rumah tangga OAP dapat memanfaatkan pekarangannya untuk bercocok tanam dan bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Bahkan kalau memang lebih bisa dipasarkan juga. “Kita harus pahami bahwa ketahanan pangan di keluarga itu peran ibu-ibu sangat signifikan,”ungkap Fauzun yang juga Sekretaris komisi V yang membidangi urusan perempuan ini. Ia menambahkan, setiap kelompok mendapatkan bantuan dana sebesar 75 juta dan Dinas Pertanian yang akan mendampingi kelompok penerima. Dana yang ada juga harus dibelanjakan sesuai dengan RAB yang sudah ditetapkan Kementerian Pertanian.
“Kita hanya memperjuangkan saja, nanti yang akan kelola semua kelompok dan didampingi PPL dari Dinas Pertanian. Semoga bantuan yang kami berikan betul-betul dimanfaatkan dengan baik dan bisa membantu ibu-ibu rumah tangga mencukupi kebutuhan sehari-hari,.”terangnya. menurutnya, para ibu rumah tangga ini sebagai garda terdepan di dapur sehingga bertanggung jawab penuh untuk menyiapkan kebutuhan gizi keluarga. Dengan adanya program P2L maka akan mengoptimalkan peran ibu rumah tangga dalam keluarga pastinya.

Artikel Terkait

Tingkatkan SDM OAP, Bupati Usman Wanimbo Lepas 26 Putra-Putri Tolikara ke IT DEL

Jems

Komisi I DPR Papua Akan Dorong OAP Untuk Berkarya di BPN

Tiara

Pemerintah Harus Bantu Anak OAP Yang Ingin Lanjutkan Kuliah

Tiara

Komisi II DPR Papua Berharap Ada OAP Yang Jadi Distributor

Tiara

PT.BIA Gelar Kegiatan Pemagangan Orang Asli Papua

Arafura News

DPR Papua Minta PB PON Buat Galery Khusus Pedagang OAP di Area Venue

Tiara