Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Meski Terlindungi JKN KIS, Jaga Kesehatan Tetap Nomor Satu

Terlindungi JKN KIS
Seno Bayudji menunjukkan kartunya (foto:ist)

WAMENA, ARAFURA,-Mempertahankan daya tahan tubuh, menjaga pola makan yang bergizi, rutin berolahraga, serta  menjaga stamina agar tetap dalam kondisi fit sangat perlu diterapkan sebagai kebiasaan sehari-hari agar terhindar dari penyakit. Seno Bayudji (44) merupakan salah satu peserta Program JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang menjalankan profesinya sebagai staf ahli gizi di RSUD Wamena. Saat bertemu tim Jamkesnews belum lama ini, Bayu kemudian mengungkapkan pengalamannya memanfaatkan kartu JKN-KIS sewaktu berobat di fasilitas kesehatan.

“Sebagai peserta JKN-KIS, kita wajib untuk tetap menjaga tubuh kita agar tetap sehat dengan berbagai usaha yang dilakukan, mulai dari menjaga pola makan, istirahat yang cukup, dan pintar mengelola stres, sangatlah perlu dilakukan untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat,” katanya.

Meski demikian, sebagai manusia biasa terkadang sakit tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, ia mempercayakan program JKN-KIS sebagai jaminan kesehatan yang dapat dimanfaatkannya saat mendadak jatuh sakit.

“Saya pernah menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat di Puskesmas saat menderita sakit demam. Begitu saya merasakan gejalanya, saya langsung ke Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan dari dokter. Lalu saya diberikan obat-obatan serta anjuran agar beristirahat di rumah untuk masa penyembuhan,” tuturnya.

Beruntung Seno tak perlu waktu lama untuk pulih. Dari pengalamannya,  ia seringkali mengingatkan rekan-rekan dan keluarganya untuk lebih menjaga kesehatan daripada berobat meski sudah memiliki kartu JKN-KIS.

“Pesan saya bagi seluruh peserta JKN-KIS yang ada di Kabupaten Wamena, walaupun sudah jadi peserta JKN-KIS, jangan sungkan menjaga prilaku hidup sehat dan menjaga gizi seimbang. Karena harus dipahami bersama bahwa tubuh manusia juga perlu asupan gizi, mineral, vitamin, dan serat yang seimbang guna untuk menjaga stamina dan kekebalan tubuh agar tidak gampang sakit,” ujarnya.

Artikel Terkait

Perpres 64/2020: Pemerintah Beri Bantuan Untuk Peserta JKN-KIS Kelas III

Arafura News

Iuran Peserta JKN-KIS Segmen PBPU dan BP Telah Disesuaikan

Zulkifli

Ada Chika Dan Vika, Urus JKN KIS Lebih Mudah

Arafura News

Mobile JKN Bantu Ivansius Berobat

Arafura News

Puas Urus Layanan Kacamata Dengan JKN KIS

Arafura News

Forum Komunikasi Perkuat Sinergi Pemkab Mamteng Dan BPJS Kesehatan Wamena

Arafura News

Pemkab Tolikara Resmi Integrasi Jamkesda Ke Dalam Program JKN KIS

Arafura News

Jadi Peserta JKN KIS Agar Tak Panik Jika Mendadak Sakit

Arafura News

Asal Ikut Prosedur, Layanan JKN KIS Tak Dibeda-Bedakan

Arafura News