Pasific Pos.com
Papua Selatan

Pakai JKN KIS, Rihana Tak Merasa Diperlakukan Berbeda

Pakai JKN KIS
Rihana saat menerima kunjungan staf BPJS Kesehatan (foto:ist)

MERAUKE,ARAFURA,-Melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, pemerintah telah berkontribusi dalam memastikan pemberian jaminan kesehatan bagi masyarakat. Salah satu bentuk kontribusi pemerintah dalam Program JKN-KIS yakni peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) baik pusat maupun daerah. Rihana (80), yang tedaftar sebagai Peserta PBI-APBN mengaku telah menjadi peserta JKN-KIS sejak beberapa tahun yang lalu. Sebelumnya, Rihana belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Dengan kondisi kesehatan sekarang, ia merasa sangat bersyukur memiliki kartui JKN-KIS tersebut. Karena patah tulang yang dialaminya, Rihana pun harus mendapatkan layanan rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke.

“Ini sudah hari ketiga saya dirawat dan baru kemarin saya dioperasi. Saya sangat bersyukur sekali bisa memiliki kartu JKN-KIS karena ketika kondisi sudah seperti ini, ada jaminan kesehatan. Proses administrasi di bagian pendaftaran pun tidak ada hambatan, sangat cepat. Begitupun dengan proses yang lainnya ketika ingin mengambil obat di apotek. Petugas di sana yang mengantarkan obat dari resep dokter tersebut dengan sigap. Senang sekali rasanya banyak yang membantu,”ucap Rihana belum lama ini. Menjadi peserta JKN-KIS khususnya segmen PBI, berarti sepenuhnya iuran telah dibayarkan oleh pemerintah dan tidak ada tagihan iuran per bulan yang dibebankan kepada peserta.

Meski terdaftar sebagai peserta PBI, Rihana mengaku tidak mengalami kesulitan layanan kesehatan dan merasa tidak dibedakan dengan pasien lainnya. “Sejak hari pertama, saya merasa tidak mengalami kesulitan dan merasa tidak ada perbedaan layanan yang diberikan. Tiap hari dokter dan perawat selalu datang mengontrol kondisi kesehatan saya dan memberikan obat,”ucap Rihana. Rihana mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak-pihak terkait, khususnya BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program JKN-KIS serta rumah sakit yang telah memberikan pelayanan dan perawatan yang sangat memuaskan. Menurutnya, banyak sekali kebaikan yang sudah dirasakannya.

Artikel Terkait

BPJS Kesehatan Merauke Gelar Pertemuan TKMKB

Arafura News

Cakupan Kepesertaan JKN-KIS di Kota Jayapura Mencapai 433.135 Jiwa

Zulkifli

BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja Jamin Korban Laka Lantas

Zulkifli

Ini Rincian Iuran JKN-KIS yang Disesuaikan

Zulkifli

Pastikan Kualitas Pelayanan, BPJS Kesehatan Jayapura Lakukan Ini

Zulkifli

BPJS Kesehatan Sosialisasikan Soal Relaksasi Iuran

Arafura News

BPJS Kesehatan Hadirkan Layanan Chatbot Bersama CHIKA dan VIKA

Zulkifli

Pemerintah Pusat Dinilai Tidak Etis Jika Menaikan Iuran BPJS Kesehatan Di tengah Covid-19

Tiara

Perpres 64/2020: Pemerintah Beri Bantuan Untuk Peserta JKN-KIS Kelas III

Arafura News