Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Masjid Besar Babul Jannah Sentani Gelar Semarak Kampung Ramadhan

Ketua DMI Kabupaten Jayapura H. Sakaruddin, S.Pd, didampingi Ketua Takmir Masjid Besar Babul Jannah Muhammad Akbar, Bendahara Masjid Besar Babul Jannah Mustaqim dan Ketua Takmir Masjid Besar Darul Ulum Doyo Baru H. Surya Arianto, beserta pengurus Masjid dan Panitia saat melakukan foto bersama

SENTANI- Masjid Besar Babul Jannah Sentani menggelar semarak kampung ramadhan 1443 H di halaman Masjid Besar Babul Jannah, Pasar Lama Sentani, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (13/4/2022) malam. Semarak Kampung Ramadhan 1443 H resmi dibuka oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Jayapura H. Sakaruddin, S.Pd.

Pembukaan ditandai dengan penabuhan gendang secara bersama-sama oleh Ketua DMI Kabupaten Jayapura H. Sakaruddin dengan Ketua Takmir Masjid Besar Babul Jannah Pasar Lama Sentani Muhammad Akbar, S.E., Bendahara Takmir Masjid Besar Babul Jannah Mustaqim dan Ketua Takmir Masjid Darul Ulum Doyo Baru H. Surya Arianto, di depan Halaman Masjid Besar Babul Jannah Pasar Lama Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Maksud diadakannya kegiatan semarak Kampung Ramadhan ini, kami ingin suasana Ramadhan itu menjadi suasana yang dapat dikenang, juga suasana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sebagaimana maksud dan tujuan daripada ibadah Ramadhan yang dilaksanakan oleh umat Islam,” ujar Ketua DMI Kabupaten Jayapura H. Sakaruddin, S.Pd., didampingi Ketua Takmir Masjid Besar Babul Jannah, Muhammad Akbar, SE.

Pada kesempatan itu, mewakili DMI Kabupaten Jayapura, Sakarudin memberikan apresiasi kepada pengurus Masjid Besar Babul Jannah Pasar Lama Sentani dalam hal ini remaja masjidnya, yang menyelenggarakan kegiatan semarak Kampung Ramadhan 1443 H/2022 M.

Disebutkan dalam semarak Kampung Ramadhan ini ada beberapa kegiatan lomba yang diadakan seperti lomba Musabaqah, lomba Adzan, lomba Hifdzil Qur’an, lomba Pidato, lomba Nasyid, lomba Kaligrafi Qur’an dan lomba Busana Muslim.

“ Jadi dalam semarak Kampung Ramadhan ini, dilaksanakan berbagai kegiatan lomba bagi anak-anak dan remaja masjid. Yakni, lomba Musabaqah, lomba Adzan, lomba Pidato, lomba Nasyid, lomba Kaligrafi Qur’an dan lomba Busan Muslim,” ungkapnya.

“Dan, menurut informasi yang kami peroleh dari Ketua Takmir Masjid Besar Babul Jannah, Insha Allah mereka akan menggelar pasar murah di akhir Ramadhan untuk menyediakan berbagai kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau bagi umat Muslim di Kabupaten Jayapura khususnya di Distrik Sentani, guna mereka bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan baik dan penuh rasa syukur,” tambah Sakaruddin.

Ia berharap, pelaksanaan kegiatan Semarak Kampung Ramadhan ke depannya bisa lebih semarak lagi dengan menggandeng pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

“Kami berharap kegiatan ini di tahun yang akan datang lebih semarak lagi. Nanti kami akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk kita sama-sama berkolaborasi dengan semua pihak khususnya pemerintah daerah, guna membuat pasar murah. Artinya, pasar yang menyediakan sembako dengan harga murah untuk memudahkan bagi umat Muslim khususnya dan masyarakat luas umumnya dalam merayakan Idul Fitri,” harapnya.

“Stand-stand yang ada di lokasi Semarak Kampung Ramadhan ini adalah stand pedagang kuliner yang menyediakan makanan, minuman dan aneka hidangan khas buka puasa. Jadi stand kuliner ini dimulai dari sore hari jelang berbuka puasa, sehingga bagi masyarakat yang ingin berbelanja untuk mencari Takjil atau makanan berbuka puasa bisa di lokasi ini. Menurut informasi, Insha Allah besok di hari ketiga semarak Kampung Ramadhan ini masih ada lagi penambahan stand pedagang makanan,” tukas Sakaruddin.

Sejak bertahun-tahun lalu, panitia Ramadhan dalam hal ini Ikatan Remaja Masjid (Irmas) Babul Jannah selalu menggelar kegiatan Semarak Kampung Ramadhan.

Bahkan sudah menjadi pusat kuliner di sekitar Pasar Lama Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Namun dalam dua tahun terakhir, mereka tidak mengadakan Semarak Kampung Ramadhan karena adanya pandemi Covid-19. Tahun ini pun, Semarak Kampung Ramadhan digelar namun hanya 10 hari saja.

“Penyelenggara semarak Kampung Ramadhan ini dari Takmir dan Remaja Masjid Besar Babul Jannah. Kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan oleh remaja masjid berkoordinasi dengan takmir masjid. Dua tahun terakhir saat adanya pandemi Covid-19, sehingga kita tidak terlalu banyak membuat kegiatan lomba dan dilakukan dalam jumlah terbatas di dalam masjid,” kata Ketua Takmir Masjid Besar Babul Jannah Muhammad Akbar.

Lanjut pria yang juga Anggota DPRD Kabupaten Jayapura dari PPP itu mengatakan, jika Semarak Kampung Ramadhan ini dikandung maksud bahwa setelah adanya pandemi Covid-19 benar-benar terpuruk semua pihak.

“Maka itu kami sampaikan ke adik-adik remaja masjid agar membuat kegiatan ini di luar masjid dengan meminta izin kepada pemilik lokasi maupun ke tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Jayapura. Setelah mendapat izin, maka dibuatlah kegiatan ini selama 10 hari kedepan dengan mengangkat tema, ‘Semarak Kampung Ramadhan untuk menguatkan keimanan dan kreativitas anak muda dalam ekonomi kreatif ke hal-hal yang positif,” jelas pria yang juga Ketua DPC PPP Kabupaten Jayapura tersebut.

Dalam Semarak Kampung Ramadhan ini juga bekerjasama sama dengan 15 pengurus atau takmir masjid yang ada di tiga distrik yakni, Distrik Sentani, Distrik Waibhu dan Distrik Sentani Timur untuk menyemarakkan kampung Ramadhan dengan melakukan berbagai kegiatan lomba dan menyediakan berbagai macam jenis makanan, minuman dan aneka hidangan khas buka puasa untuk ditampilkan di sejumlah stand yang ada di lokasi kegiatan

Artikel Terkait

Muhammad Akbar Gelar Syukuran dan Buka Puasa Bersama

Jems