Pasific Pos.com
Headline

Maju Pilgub Papua, Paulus Waterpau Paparkan Sejumlah Visi Misi di Gerindra

 

Jayapura – Bakal Calon (Balon) Gubernur Provinsi Papua Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw menyampaikan visi misinya di depan sejumlah pengurus DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Papua, Kamis 30 Mei 2024, malam.

Kedatangan Paulus Waterpauw itu didampingi timnya disambut baik dan hangat oleh jajaran pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Papua.

Dalam paparan visi misi itu dipandu oleh Ketua DPD Gerindra Papua Pegunungan, Natan Pahabol didampingi para panelis dan jajaran fungsionaris DPD Gerindra Papua.

Usai memaparkan visi misinya, kepada pers, Paulus Waterpau menegaskan, jika dirinya memutuskan melanjutkan pengabdiannya membangun Tanah Papua dengan membawa harapan baru.

Sebagaimana sebelumnya, mantan Kapolda Papua ini juga telah mengabdikan dirinya dengan menjadi Gubernur di Papua Barat.

“Puji Tuhan, saya sudah datang ke DPP Gerindra ini dan menyampaikan visi misi sebagai Calon Gubernur Papua. Saya hadir dengan membawa Harapan Baru, itu penting karena ada banyak masyarakat sekarang menunggu pemimpin yang memberikan sebuah harapan bagi masyarakat,” kata Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw atau yang akrab disapa Kaka Besar kepada sejumlah wartawan usia memaparkan visi misinya di Kantor Sekretariat DPC Gerindra Kota Jayapura, Bucend II Entrop Jayapura.

Bahkan, kata Paulus Waterpauw atau PW, jika Tuhan mengijinkan dan mempercayakan dirinya untuk memimpin Tanah Papua, ia akan mewujudkan harapan masyarakat.

“Ada banyak harapan-harapan masyarakat yang sudah pernah disampaikan, tetapi mungkin mereka belum bisa melihat harapan-harapan itu. Saya sudah wujudkan dalam Harapan Baru,” tutur PW.

Apalagi kata Paulus Waterpauw, Papua ini adalah rumah induk yang sekarang menjadi 5 provinsi, tetapi sesungguhnya rumah besar ada disini (Papua). Sehingga semua yang berkaitan dengan kepentingan Papua akan terjawab 5 provinsi di Tanah Papua.

Sehingga lanjutnya, segala hal yang berkaitan dengan kepentingan Papua hari ini itu akan menjawab semua persoalan yang ada juga di wilayah-wilayah lima provinsi lainnya. Itu tugasnya menjadi garda terdepan dari pada pintu masuk Papua.

Untuk itu pihaknya akan melakukan pelayanan pelayanan maksimal.

“Tugasnya menjadi garda terdepan pintu masuk Papua, maka kita akan lakukan pelayanan pelayanan maksimal. Karena kita semua sebagai penyelenggara negara membawa tugas kita sehingga harus mengabdi. Mengabdi kepada masyarakat dengan sungguh-sungguh. Untuk itu kita harus turun dan aktif kolaborasi dan bekerjasama antara tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, Perempuan, Pemuda dan lain sebagainya,” tandas Kaka Besar PW.

Kata PW, bukan hanya sekedar turun ke tengah masyarakat saja, tapi sebagai pemimpin harus senantiasa mendengar setiap keluhan dan aspirasi dari masyarakat.

“Sehingga dalam program-program ke depan, saya pikir itu merupakan bagian-bagian yang kita harus mengakomodir semuanya. Jadi, memang ada banyak pelayanan pelayanan dasar masyarakat yang sampai hari ini belum terjawab dengan sungguh – sungguh,” pungkasnya.

Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut, Paulus Waterpauw juga menyampaikan sejumlah program kerja yang mau di wujudkan, antara lain menghadirkan pemerintah daerah untuk melayani.

Mengenai program kerja, Paulus Waterpauw menyampaikan, ia bakal menghadirkan pemerintahan yang langsung menyentuh masyarakat.

Soal Pendidikan, Paulus Waterpauw juga bakal hadir melihat masyarakat yang putus sekolah.

“Jadi, pengabdiannya dia betul betul harus melayani, kita yang harus turun ke masyarakat, itu haraoan barunya. Selama ini kan kita hanya mengejar formalitas. Termasuk nanti membangun pendidikan. Pendidikan itu kan tidak hanya kita kejar formalnya saja tapi pendidikan informalnya. Itu yang saya maksud, artinya pemerintah hadir untuk melihat persoalan persoalan, sebab ada banyak anak putus sekolah, banyak anak yang tidak mampu melanjutkan sekolahnya, banyak anak yang tidak mampu melnjutkan pendidikannya. Ada apa dan bagaimana solusi yang kita lakukan ini minimal kita pintarkan mereka. Itu kita harus buatkan solusi solusi seperti itu, demikian juga dengan kesehatan . Tigal hal ini yang menjadi dominasi,” paparnya.

Tak hanya itu, dirinya juga akan bangkitkan beberapa hal yang berkaitan dengan kepentingan Papua hari ini.

Diakui, memang masih banyak hal yang perlu dibenahi. Baik dari sisi infrastruktur hingga para tenaga medis.

“Tapi kadang-kadang tidak formal tapi kita kasih tunjuk. Apakah dia bekerja dengan sungguh apa tidak. Dan, cukupkah tidak fasilitas yang dia miliki,” tukasnya.

Sementara terkait dengan olahraga, Paulus Waterpauw bertekad bakal kembali membangkitkan venue eks PON agar tidak terbengkalai.

“Kita ini kan sudah pernah menjadi tuan rumah PON, tapi ke depan fasilitas yang kita punyai paling tidak kita manfaatkan, sehingga tidak terbengkalai dengan sia-sia. Itu uang negara yang dipakai juga uang rakyat yang dipakai. Untuk itu kita coba kolaborasi dengan para pihak pihak lainnya,” tutup PW.

Pada kesempatan itu, Natan Pahabol yang dipercayakan untuk memandu jalannya pemaran visi misi di DPD Gerindra Papua itu menjelaskan, tiga provinsi telah membuka pendaftaran bersama sama. DPD Gerindra Provinsi Papua, Papua Pegunungan dan Papua Tengah.

“Kita memilih gabungan dalam membentuk tim panelis dari 3 provinsi ini. Dan kita tentukan di Jayapura, karena selain strategis, juga sebagai pusat kantor Sekretariat untuk melayani bakal Calon Bupati, Wakil Bupati, Calon Walikota, Wakil Walikota dan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur,”terangnya.

Natan Pahabol yang juga sebagai Ketua DPD Gerindra Papua Pegunungan menjelaskan,, jika pihaknya melayani para bakal calon Bupati, Wakil Bupati, Calon Walikota, Wakil Walikota dan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, selama tiga hari mulai tanggal 29 hingga 31 Mei 2024 untuk datang dalam rangka paparan visi misi, profil program partai pendukung dan kesiapan-persiapan.

“Selanjutnya dengan mekanisme yang ada kami akan merekomendasikan ke DPP Gerindra pusat untuk selanjutnya dengan hak progresif dari DPP mereka akan mengikuti tahapan berikut lagi,” ujar Natan.

Terkait dengan kehadiran Paulus Waterpauw di Gerindra untuk memaparkan visi misinya, Natan Pahabol memberikan apresiasi kepada Waterpauw yang sudah datang bersama timnya.

Menurutnya, Paulus Waterpauw adalah orang yang sangat profesional, konseptor gagasan dan berbagai ide ide cemerlang dengan sejumlah pengalaman. Baik dari segi visi misi, juga yang lainnya, itu luar biasa.

“Untuk visi misi kita tidak meragukan beliau lagi, karena beliau ini punya banyak pengalaman, luar biasa konsep, gagasanya bagus. Tapi, dari segi partai politik kami disini menerima siapa saja yang datang untuk melamar, selanjutnya kami merekomendasikan ke DPP, sehingga kami tidak bisa memberikan satu harapan dan jaminan tetapi kami siap merekomendasikan bagi mereka yang datang melakukan pemaparan visi misi Calon Bupati, Wakil Bupati, Calon Walikota, Wakil Walikota dan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Jadi siapapun juga kita tetap merekomendasikan ke DPP,” terangnya.

Natan Pahabol menambahkan, jika pihaknya juga membuka pemaparan visi misi di kantor Gerindra bersama perwakilan di Jakarta.

“Dan itu sudah dua minggu berlangsung pemaparan visi misi bagi bakal calon yang ada di jakarta,” tutupnya. (Tiara).