Pasific Pos.com
Info Papua

Lewat Light Up The Dream, PLN Beri Penerangan Fasilitas Sekolah hingga Rumah Adat di Keerom

Penyalaan listrik untuk warga Keerom melalui program PLN Light Up The Dream. (Foto : Istimewa)

Keerom – Melalui program kepedulian pegawai PLN Light Up The Dream, masyarakat yang berada di lima kampung yang terletak di Kabupaten Keerom, Papua kini bisa menikmati penyambungan listrik secara gratis.

Diantaranya Kampung Banda, Kampung Pund dan Kampung Ampas Distrik Waris serta Kampung Skofro dan Kampung Uskuwar Distrik Manem telah mendapatkan bantuan listrik gratis untuk menunjang fasilitas umum kegiatan masyarakat.

Alex May (50), salah satu masyarakat Kampung Banda menyampaikan impiannya akan penerangan yang layak. Alex menuturkan, ia bersama warga lainnya hanya menggunakan obor atau pelita sebagai satu-satunya penerangan ketika melaksanakan aktivitas di malam hari.

“Untuk penerangan di daerah kami itu sulit. Selama ini kami membutuhan 5 hingga 7 liter, sementara per liter kami mengeluarkan uang sepuluh ribu untuk bahan bakar obor atau pelita. Kami hanya menggunakannya saat beraktifitas, jika sudah selesai kegiatan kami matikan lagi pelita itu. Penerangan disini masih terbatas, harapan kami lampu dapat hadir di semua tempat tinggal kami karena dapat membantu kegiatan kami, khususnya anak-anak kami ketika belajar,” ungkap Alex.

Penyalaan listrik untuk warga Keerom melalui program PLN Light Up The Dream. (Foto : Istimewa)

Kegiatan Program Light Up The Dream yang dilaksanakan pada Selasa lalu (30/4) merupakan bantuan yang berasal dari donasi pegawai PLN dengan tujuan untuk memberikan listrik gratis bagi masyarakat yang kurang mampu. Dukungan ini diberikan dalam bentuk dukungan penerangan fasilitas umum kegiatan warga setempat seperti Gedung Sekolah, Gereja, Balai Kegiatan Kampung hingga Rumah Adat.

Sementara itu, Piter Gusbager selaku Bupati Keerom memberikan apresiasi kepada insan PLN dan seluruh pihak yang memberikan dukungan dalam mewujudkan ketersediaan listrik di Kabupaten Keerom. Aktifitas warga akan menjadi optimal ketika pemerintah dan PLN dapat bersinergi dalam memberikan fasilitas umum yang memadai.

“Kolaborasi mulia antar instansi seperti ini tentu akan membawa kebaikan bagi masyarakat. Tentu saya merasa bahagia, ini memberikan harapan yang sangat besar bahwa Kabupaten Keerom dari waktu ke waktu akan terus mengalami kemajuan khususnya terkait fasilitas penerangan,” ucap Piter.

General Manager PLN UIP MPA, Wisnu Kuntjoro Adi mengatakan program yang diberikan merupakan wujud tanggung jawab sosial dari insan PLN Papua kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan listrik. Kini, sebanyak 13 fasilitas umum telah merasakan pelayanan listrik PLN.

“Program ini lahir dari kepedulian pegawai PLN UIP MPA demi mewujudkan mimpi masyarakat yang belum dapat menikmati listrik. Secara sukarela kami memberikan bantuan ini, kami kumpulkan bersama dan tentu kami juga bersyukur dan bahagia ketika kami dapat mendukung masyarakat di Keerom dalam melaksanakan aktifitasnya. Ini menjadi bentuk komitmen kami, bahwa kami juga memiliki inisiatif untuk peduli dengan sesama,” ucap Wisnu.