Pasific Pos.com
Kabupaten JayapuraSosial & Politik

Lauching Festival Colo Sagu, Kapolres: Salah Satunya untuk Memperingati Hari Bhayangkara

Kapolres Jayapura, AKBP Frederikus W.A Maclarimboen, S.IK., MH didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Jayapura Ny. Deby Fredrickus Maclarimboen saat melakukan foto bersama Ketua Panitia Festival colo sagu Michael Yarisetouw dan perwakilan Forkopimda di acara launching Festival Colo Sagu sekaligus penanaman 62 pohon sagu.

Sentani – Polres Jayapura melaunching festival colo sagu sekaligus melakukan penanaman pohon sagu di Kampung Sabron Yaru, Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, Rabu (21/6/2023).

Launching Festival Colo Sagu di Dusun Sagu Biyai Pay yang mengusung Tema “Cerita Budaya Membangun Negeri” dipimpin Kapolres Jayapura, AKBP Frederikus W.A Maclarimboen, S.IK., MH didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Jayapura Ny. Deby Fredrickus Maclarimboen.

AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen mengatakan kegiatan tanam sagu kali ini merupakan beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukannya bersama Pemerintah Daerah.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk memperingati hari sagu, kemudian memperingati hari Bhayangkara ke 77 dan juga terkait dengan Festival Colo Sagu yang nanti akan dilaksanakan pada tanggal 26 sampai dengan 28 Juni 2023 di Sentani. Tentunya ini tongkat awal bagaimana kita kembali menumbuhkan semangat dan revitalisasi hutan sagu,” ujar Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menerangkan untuk tahun ini sendiri berdasarkan informasi dari Dinas Perkebunan kalau untuk Kabupaten Jayapura sendiri mendapatkan luas 200 hektar yang terdiri dari 4 wilayah pembangunan yang ada di Kabupaten atau Kota Jayapura.

“Nah, kita berharap bahwa di kampung ini juga nantinya menjadi salah satu kampung pembibitan bibit unggul sagu yang ada di Kabupaten Jayapura dan ini merupakan suatu hal yang baik. Karena tadi pemilik tempat juga, merupakan kelompok tani sagu yang sudah memproduksi sagu dengan beberapa varian yang dikelola oleh kelompok mereka,” harap Kapolres.

Selain itu lanjut Kapolres, yang kita harapkan bahwa keberlangsungan sagu ini harus ditetapkan. Terlebih juga ke depan, setiap orang yang tebang pohon sagu, wajib tanam dua pohon.

“Jadi ada yang ditebang, ada yang ditanam. karena kita ingat bahwa usia sagu itu untuk sampai dia produksi estimasinya belasan hingga puluhan tahun. Butuh waktu yang cukup lama, jangan sampai cycloop dengan danau ini cuma tinggal cerita,” imbuhnya.

“Kami juga berharap kepada pemilik hak ulayat, punya komitmen yang teguh untuk bisa mempertahankan kawasan atau hutan sagu. Jadi tidak ada aktivitas lain di kawasan itu, hanya khusus tanam kelola tanam kelola untuk kelangsungan generasi ke depan,” pungkasnya.

Diketahui, dalam kegiatan penanaman pohon sagu ini dihadiri  PJ Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si yang diwakili Kadis lingkungan hidup Abdul Rahman Basri, Dansatpom Lanud Silas Papare, Letkol Pom Yohannes Hapsoro, Dansecata Rindam XVII/Cen Letkol Inf Baskoro W.A,.

Selain itu turut hadir Wakapolres Jayapura Kompol Jhoni Samonsabra, SH., MH, Pasiter Kodim 1701/Jayapura Mayor Inf H. Afandi, Wadanyon Yonif 751 RK/VJS, Mayor Inf Eko Yudho, Kasat Binmas Iptu I Made Ambo Arjana,SH.,MH, Kejaksaan Negeri Jayapura Togi Sirait, club pecinta alama CPA Hirosi Marsel Suebu dan warga masyarakat dusun sagu Biyai Pay.

 

Artikel Terkait

Sambut HPN, Polres Jayapura dan Wartawan Gelar Diskusi Publik Melek Literasi Pemilu Damai 2024

Jems

Keinginan Sopir Depapre Terwujud, Kapolres: Harapan Kami Ada Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat

Jems

Komitmen Polres Jayapura: Gelar Colo Sagu “Melek Literasi Pemilu Damai 2024”

Jems

Ikuti Diksar selama 12 Hari, 41 Peserta Pelatihan Satpam di Sentani Siap Terjun ke Dunia Kerja

Jems

Bangkitkan Ekonomi Kreatif Melalui Barista Muda, Polres Jayapura Gelar Kompetisi Kopi

Jems

“KoPi PemDa” Diskusi yang Sangat Bermanfaat Untuk Pemilih Pemula di Kabupaten Jayapura

Jems

Kapolres Jayapura Ajak Caleg dan Parpol Wujudkan Pemilu Damai 2024

Jems

Oknum Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Mangkir dari Panggilan Polisi

Jems

Perkuat Sinergitas, Danlanud Silas Papare Kunjungi Kapolres Jayapura

Jems