Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Ketua Komisi V DPR Papua Geram, Pemkab Tolikara Belum Salurkan Bantuan ke Mahasiswa

Tak Setuju UN 2020 Ditiadakan Ini Tanggapan Ketua Komisi V DPR Papua
Ketua Komisi V DPR Papua, Timiles Yikwa

Jayapura, – Ketua Komisi V DPR Papua yang membidangi Pendidikan dan Kesehatan, Timiles Yikwa,SE geram dengan Pemerintah Kabupaten Tolikara yang terkesan cuek dengan kondisi nasib para mahasiswa/i Tolikara yang sedang menimbah ilmu di luar Papua.

Pasalnya, hingga saat ini mahasiswa asal Kabupaten Tolikara yang berada di luar Papua atau di kota study sama sekali belum mendapatkan bantuan dari pemerintah daerahnya. Padahal pemerintah kabupaten lain sudah memberikan bantuan ke mahasiswanya yang berada di luar Papua.

“Pemkab Tolikara segera memperhatikan mahasiswanya di luar Papua. Adik-adik mahasiswa ini selalu telepon saya, kalau hingga saat ini mereka belum dapat bantuan dari Pemkab. Saya minta Pemkab Tolikara segera menjawab kebutuhan mahasiswa di luar Papua,” tegas Timiles Yikwa, SE kepada Pasific Pos lewat via ponselnya, Senin (18/5).

Legislator Papua ini menyarankan, agar dana Rp 2 miliar yang diberikan Pemerintah Provinsi Papua, sebaiknya dialokasikan ke pendidikan. Dalam hal ini untuk memberikan bantuan ke mahasiswa Tolikara yang ada di luar Papua.

“Ada bantuan yang diberikan pemprov sebesar Rp 2 miliar. Jadi kalau memang pemkab tidak ada kegiatan mending dialokasikan ke pendidikan,”sarannya.

Menurut Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR Papua ini, dana Rp 2 miliar tersebut sebaiknya langsung dikirim ke setiap koordinator asrama/mahasiswa Tolikara di luar Papua. Dan untuk selanjutnya diberikan ke seluruh mahasiswa Tolikara yang saat ini sedang menimbah ilmu di luar Papua.

“Percayakanlah koordinator asrama/mahasiswa. Dan juga yang terpenting tidak usah berbelit-belit. Tidak perlu minta KTP, KPM dan lain-lain. Inikan musibah bukan beasiswa. Kalau untuk laporan pertanggungjawab, minta saja ke koordinator asrama yang dipercayakan,”ujar Timiles Yikwa.

Timiles menambahkan, apabila beberapa hari kedepan belum ada kebijakan yang diambil Pemkab Tolikara terkait bantuan ke mahasiswa di luar Papua, pihaknya akan meminta kapolda Papua agar memerintahkan kapolres Tolikara untuk mengecek tim yang telah dipercayakan untuk menanggulangi virus corona.

“Saya juga minta pak kapolres Tolikara segera mengecek masyarakat mana saja yang belum dapat bantuan sembako. Sebab itu merupakan instruksi langsung kapolri,” tekannya.

Artikel Terkait

Bupati Tolikara Kembangkan Kampung Agrowisata Terpadu

Bams

Pemkab Tolikara Imbau Warga Jaga Fasilitas Palapa Ring

Bams

Dukung Vaksin Covid-19 Dinkes Tolikara gelar Sosialisasi

Bams

Nota Keuangan Raperda APBD Tolikara Tahun Anggaran 2021 Diserahkan

Bams

Bupati Ingatkan ASN Tolikara Tidak Tambah Libur Natal dan Tahun Baru

Bams

Fauzun Nihayah Berbagi Kasih Di Asrama Mahasiswa

Arafura News

Bupati Usman Wanimbo lantik sejumlah pejabat RSUD Karubaga

Bams

Optimalkan Pelayanan Publik, Bupati Tolikara Lantik Sejumlah Pejabat

Bams

Waket I DPRD Tolikara Siap Membackup Pelaksanaan Kongres HMPT ke-7

Tiara