Pasific Pos.com
Headline Sosial & Politik

Ketua Komisi IV DPR Papua, Reses di Tiga Titik Sekaligus Lakukan Perayaan Natal Bersama Masyarakat

Ketua Komisi IV DPR Papua, Beatrix Herlin Monim, SE dalam kegiatan reses sekaligus menyerahkan bantuan bingkisan Natal kepada warga Kampung Sanggaria Arso 1, Distrik Arso Barat, Kabupaten Keerom, Kamis 23 Desember 2021. (foto Tiara).

Keerom – Saat ini, seluruh Anggota DPR Papua sedang melaksanakan reses guna menyerap aspirasi dan menindaklanjuti aspirasi rakyat di daerah pemilihannya masing-masing.

Untuk itu, dalam rangka menjalin Silaturahmi sekaligus menyerap aspirasi konstituen serta pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggunjawaban moral dan politisi kepada konstituen di daerah pemilihan (Dapil) sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan, Ketua Komisi IV DPR Papua, Herlin Beatrix M. Monim, SE dari Dapil 1 yang meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Sarmi turun melakukan reses.

Bahkan, Politisi Partai Nasdem ini telah melakukan reses sejak tanggal 22 – 23 Desember 2021 di tiga titik yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Keerom. Namun beliau pun akan kembali melakukan reses ke Kabupaten Sarmi setelah perayaan Natal.

Seperti diketahui, jika reses kali ini bertepatan dengan suasana perayaan Natal, maka pada kesempatan ini, Herlin Beatrix Monim dalam resesnya di Kabupaten Keerom sekaligus melakukan Ibadah Perayaan Natal bersama masyarakat Kampung Sanggaria Arso 1, Distrik Arso Barat, Kabupaten Keerom, Kota Jayapura, Kamis 23 Desember 2021. Yang mana sebelumnya, kegiatan reses itu juga telah ia lakukan di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Dalam kegiatan reses itu, Beatrix Monim juga memberikan bingkisan Natal berupa seribu karton minuman kaleng dan seribu sak beras untuk diberikan kepada masyarakat yang akan merayakan Natal yang berada di daerah pemilihannya.

“Reses ini diakhir tahun di bulan Desember dan reses ini juga pas di perayaan Natal. Sehingga dalam perayaan Natal ini sekaligus saya juga melakukan perayaan ibadah Natal bersama dengan masyarakat yang ada di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan Keerom. Namun kegiatan reses selanjutnya nanti akan saya lakukan juga di Kabupaten Sarmi. Jadi yang sudah saya lakukan di tiga titik ini, dan reses kali ini sekaligus perayaan ibadah Natal bersama dengan masyarakat,” kata Ketua Komisi IV DPR Papua, Herlin Beatrix Monim, SE kepada Pasific Pos.com disela sela perayaan Natal bersama masyarakat yang berlangsung di Aula SMKS YPK Betlehem Arso 1 Kampung Sanggaria, Distrik Arso Barat, Kabupaten Keerom, Kota Jayapura, Kamis 23 Desember 2021.

Diakui, jika dalam reses ini tentu banyak menjaring aspirasi aspirasi dari rakyat. Sehingga sebagai wakil rakyat, Beatrix Monim berharap di tahun 2022 mendatang, apa yang menjadi aspirasi rakyat dapat diperjuangkan dan bisa di jawab di tahun 2022 nanti.

“Sebab beberapa tahun ini kita terus berupaya maksimal untuk bagaimana memperjuangkan aspirasi rakyat dan apa yang kemudian bisa dijawab oleh Pemerintah Provinsi Papua. Jadi harapan kami di tahun 2022 nanti, itu bisa segera terjawab,” ujar Beatrix Monim.

Bahkan, Beatrix Monim yang juga sebagai Wakil Ketua OKK DPW Partai Nasdem Provinsi Papua ini mengaku ada banyak sekali harapan harapan masyarakat atau aspirasi masyarakat yang dibawa dan di tampung oleh Dewan. Hanya saja, tidak semua bisa dijawab oleh Pemprov.

Oleh karena itu kata Beatrix Monim, apa yang menjadi bagian dan kewenangan provinsi tentu akan kemudian pihaknya akan kembali perjuangkan di provinsi.

“Dalam beberapa hari ini kami melakukan kegiatan reses, ini tentu banyak sekali harapan harapan masyarakat. Tapi yang terpenting juga salah satu di masa raya Natal ini ada pesan pesan Natal yang juga kita sampaikan, dimana kita memperingati hari kelahiran Tuhan Yesus. Tentu harapan kami sebagai wakil rakyat kita semua dapat merayakannya dengan dalam keadaan damai dan masyarakat juga bisa merasakan makna Natal yang sesungguhnya dan kemudian masyarakat juga bisa merayakan dengan penuh suka cita,” harapnya.

Apalagi kata Beatrix Monim, ditengah situasi Papua dengan begitu banyak masalah yang dihadapi. Tidak hanya di kota kita merasakan dengan ketenangan dan kedamaian tapi ada bagian wilayah Papua lainnya di tengah konflik yang situasi keamanannya begitu meresahkan masyarakat.

Ketua Komisi IV DPR Papua, Beatrix Herlin Monim, SE dalam kegiatan reses sekaligus menyerahkan bantuan bingkisan Natal kepada warga Kampung Sanggaria Arso 1, Distrik Arso Barat, Kabupaten Keerom, Kamis 23 Desember 2021. (foto Tiara).

“Namun kita berharap lewat moment perayaan Natal ini, untuk mari bersama sama kita ciptakan kedamaian itu bisa hadir diatas Tanah Papua ini. Itu mungkin harapan kami, dan karena di masa reses ini bertepatan dengan perayaan Natal, maka kita lebih banyak menyampaikan pesan pesan agar bagaimana tercipta kedamaian dan situasi keamanan ini bisa terwujud lewat perayaan Natal ini,” imbuhnya.

Selain itu, Ketua Garnita Malahayati Partai Nasdem Provinsi Papua ini juga berharap, Tuhan terus menyertai dirinya dan rekannya sesama anggota dewan untuk terus bersama sama di tahun yang baru.

“Kami akan tetap melakukan tugas dan tanggungjawab kami sebagai wakil rakyat untuk dapat bertemu dan kembali bersama dengan masyarakat di tahun 2022 mendatang,” imbuhnya.

“Harapan kami semua, apa yang kita lakukan ini bisa menjadi berkat tentunya bagi masyarakat dan sepanjang tahun 2021 ini masa reses kita yang terakhir. Untuk itu, kami berharap rakyat bisa merasakan hasil kerja-kerja kami bisa maksimal sehingga masyarakat juga bisa merasakan dampak dan manfaat dari kerja kita di DPR Papua,” timpalnya.

Beatrix Monim pun berpesan, karena ini memasuki masa raya Natal maka ia pun mengajak masyarakat untuk bersama sama berkomitmen menciptakan situasi yang lebih aman dalam memasuki tahun yang baru.

“Dimasa reses dan juga di perayaan Natal ini, saya juga menyerahkan bantuan bingkisan Natal berupa seribu minuman kaleng dan seribu sak beras itu di bagikan di empat wilayah daerah pemilihan saya, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom dan Sarmi,” ucapnya.

“Itu saya berikan kepada masyarakat sebagai bentuk kasih saya kepada konstituen saya kepada masyarakat, semoga itu bisa menjadi berkat dalam perayaan Natal,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Sanggaria Arso 1, Distrik Arso Barat, Kabupaten Keerom, Pujiono menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi atas kunjungan kasih yang dilakukan oleh Ketua Komisi IV DPR Papua, Herlin Beatrix Monim, SE. Yang mana dalam kegiatan resesnya ditengah tengah masyarakat di Arso 1, Kampung Sanggaria, beliau juga sekaligus melakukan ibadah Natal bersama masyarakat Kampung Sanggaria.

“Kami bersyukur atas apa yang beliau berikan yaitu berupa bingkisan Natal, dan terlebih khusus bincang bincang natal kepada masyarakat. Kedepan kami berharap hubungan kami sebagai masyarakat dan ibu sebagai wakil rakyat terlebih khusus dari Keerom ini untuk terus menjalin komunikasi sehingga kami pun dapat menyampaikan aspirasi aspirasi dari masyarakat. Agar apa yang diharapkan masyarakat bisa tercapai dan juga bisa terjawab lewat perwakilan beliau di provinsi,” ujar Pujiono.

Untuk itu, Pujiono menambahkan, sebagai kepala kampung berharap, apabila pihaknya mempunyai program program khusus buat pembangunan di Kampung Sanggaria, Beatrix Monim selaku wakil rakyat di Kampung Sanggaria yang ada di Provinsi Papua dapat membackup dan bisa menjawab sesuai anggaran yang ada.

“Kami berharap dengan kehadiran ibu Beatrix Monim sebagai wakil rakyat yang ada di Provinsi, masyarakat bisa menerima dengan senang hati kehadiran beliau. Dan kedepan kami terus solid membawa nama beliau semakin baik dan semakin diterima di tengah-tengah masyarakat, terlebih khusus di Kampung Sanggaria,” pungkasnya.

Untuk menjaga kesehatan dimasa pandemi Covid-19 ini, setiap pelaksanaan reses di lokasi, Beatrix Monim menyarankan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu selalu menggunakan masker, cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. (Tiara).