Pasific Pos.com
Headline

Hari Raya Qurban 2023, DPR Papua Akan Sembelih Enam Ekor Sapi

 

Jayapura – Dalam beberapa pekan mendatang, umat Muslim akan menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah atau Hari Raya Qurban 2023.

Dimana pada tahun ini, Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah akan jatuh pada 10 Zulhijah atau tanggal 29 Juni 2023, mendatang. Perayaan Idul Adha ini selalu ditandai dengan ibadah Haji dan menyembelih hewan Qurban. Bahkan momen Idul Adha ini seluruh umat muslim menyambut dengan penuh suka cita.

Tak ingin melewatkan momen Idul Adha ini, Sekretariat DPR Papua juga akan menyembelih enam ekor sapi pada perayaan Idul Adha atau Hari Raya Qurban pada 29 Juni 2023.

Sekretaris DPR Papua, Dr. Juliana J.Waromi, SE, M.Si yang merupakan Ketua Panitia pemotongan hewan qurba mengatakan, ini merupakan hal yang rutin setiap tahunnya Sekretariat DPR Papua turut menyembelih hewan qurban untuk dibagi bagikan kepada yang berhak menerimanya.

“Hari Raya Qurban itu ibadah yang tiap tahun kami lakukan. Contoh seperti ibadah buka puasa bersama. Itu juga sudah rutin kami lakukan di keluarga besar DPR Papua,” kata Dr. Juliana J. Waromi, SE, M. Si kepada sejumlah awak media ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat, 23 Juni 2023.

Lanjut dijelaskan, karena Hari Raya Qurban ini juga merupakan agenda rutin Sekretariat DPR Papua, maka Sekwan DPR Papua meminta Kepala Sub Bagian Keuangan, Mulyani untuk segera mempersiapkan semua keperluan yang dibutuhkan, termasuk sapi – sapi yang akan disembelih sebagai hewan qurban.

“Saya minta dilakukan seperti biasa. Jadi kami sudah siap untuk menyembelih 6 ekor sapi di Hari Raya Qurban 2023,” ujar Sekwan Juliana Waromi.

“Dari staf ada 2 ekor sapi, saya sendiri satu ekor, dua dari pimpinan. Yaitu satu dari Pak Dr. Yunus Wonda, SH MH, kemudian satu ekor dari Pak Yulianus Rumbairusy, S.Sos, MM dan satu lagi dari anggota dewan,” sambungnya.

Namun kata Juliana Waromi, tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan. Sebab biasa Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw juga turut berpartisipasi.

“Hanya hingga kini beliau belum menyatakan memberikan informasi, karena mungkin beliau juga belum mendapat informasi rencana Sekretariat DPR Papua untuk ambil bagian dalam Hari Raya Qurban nanti,” jelasnya.

Terkait untuk cara pembagiannya, kata Sekwan Juliana Waromi, itu tergantung yang mengatur akan dibagikan ke siapa saja.

“Tapi sebaiknya ke luar. Seperti dibagikan ke anak-anak yatim piatu, janda janda atau orang-orang yang memang benar benar membutuhkan. Kalau kami di DPR Papua, saya pikir tidak terlalu penting. Tapi dibagi kepada mereka yang memang lagi membutuhkan. Nanti kalau semua sudah terbagi, baru kami bagikan juga kepada staf atau security yang ada di lingkungan Sekretariat DPR Papua, yang memang benar benar membutuhkan,” imbuhnya.

Dikatakan, selama ini memang Kasubag Keuangan DPR Papua, Mulyani yang diberi tanggung jawab untuk mengatur segala keperluan hingga pembagiannya, saat Sekretariat DPR Papua menyembelih hewan qurban.

“Selama ini memang Pak Mul yang bertanggung jawab. Saya hanya menyetujui sepanjang laporannya masuk untuk dilaksanakan. Jadi sebelum dibagi nanti dari panitia akan membagikan kupon, biar teratur saat pembagian hewan qurbannya. Dan biasanya kalau saya dikasi jatah, saya langsung kembalikan untuk dibagikan ke yang membutuhkan,” tutur Dr. Juliana Waromi, SE, M.Si.

Namun kata Sekwan Julianan Waromi, tidak selamanya yang mendapat jatah daging qurban adalah mereka yang muslim saja. Ada juga yang nasrani yang memang membutuhkan. Mereka juga perlu dibantu meski hanya satu dua kilo daging qurban.

Sekedar diketahui, bahwa hewan qurban dari Sekretariat DPR Papua, akan disembelih di halaman parkir yang berada di belakang gedung baru DPR Papua, pada 29 Juni 2023, mendatang.

Sementara itu sebagai penanggung jawab perayaan Hari Raya Qurban Sekretariat DPR Papua, Mulayani menambahkan sapi yang akan disembelih pada intinya sudah siap dan sapi sapinya pada sehat.

“Sapi sudah ada, dari Arso, Kabupaten Keerom. Sudah kami bayar DP-nya dan Sabtu besok pelunasan, Rabu di antara. kalau memang nanti ada penambahan, lebih bagus lagi. Tapi kalaupun tidak ada tambahan, hewan sapi yang ada ini sudah cukup kalau di internal DPR Papua,” kata Mulyani.

Menurutnya, sapi qurban Sekretariat DPR Papua akan disembelih setelah Sholat Idul Adha pada 29 Juni 2023.

“Nanti cara pembagiannya, setelah dipotong, ditimbang lalu dibagilkan bagi yang menerimanya. Sisanya dibagi sesuai kupon penerima daging. Jadi pemotongan dilakukan setelah Salad Idul Adha,” terangnya. (Tiara).