Pasific Pos.com
Headline Kabupaten Jayapura

Fokus Tuntaskan Perkara, Iptu Sugarda: Masyarakat Membutuhkan Kepastian Hukum

Kasat Reskrim Polres Jayapura Iptu Sugarda, A. B. T. S.TK., M.H

Sentani – Usai dilantik dan serah terima jabatan (Sertijab) sebagai Kasat Reskrim Polres Jayapura pada Senin 3 April 2023 lalu, Iptu sugarda akan fokus menyelesaikan beberapa perkara yang saat ini masih berproses.

Ya, pria jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 2015 ini  berkeinginan untuk lebih dulu menuntaskan beberapa perkara yang belum sempat diselesaikan oleh Kasat Reskrim sebelumnya, Iptu Muhammad Rizka yang juga mendapat promosi jabatan sebagai Kasat Reskrim Polres Mimika.

“Fokus saya selaku Kasat Reskrim yang baru, yaitu menyelesaikan perkara yang masih berproses, baik yang penyidikan maupun penyelidikan itu tetap berjalan semestinya. Jadi kami pastikan akan tuntaskan karena masyarakat yang melaporkan perkara ini pastinya membutuhkan namanya kepastian hukum, untuk itu kita akan berikan kepastian hukum,” ujar Kasat Reskrim Polres Jayapura Iptu Sugarda, A. B. T. S.TK., M.H saat ditemui di Mapolres Jayapura, Doyo Baru, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Kamis (6/4/2023).

Selain itu, pria yang pernah menjabat Kapolsek Sentani Barat di Polres Jayapura dan Kasat Reskrim Polres Mimika ini berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban yang kaitannya dengan tindak pidana.

“Jadi kita akan minimalisir dengan terobosan-terobosan dari Satuan Reskrim Polres Jayapura sebagai penegakan hukum,” katanya.

Akan tetapi menurut Iptu Sugarda, semua itu tidak lepas dari peran dan dukungan masyarakat Kabupaten Jayapura.

“Oleh karena itu, dikesempatan ini saya juga meminta kepada masyarakat Kabupaten Jayapura agar dapat membantu kami apabila ada atau terjadi suatu tindak pidana di kampung/kelurahan maupun di distrik itu bisa bekerjasama untuk melaporkan kepada kami pihak kepolisian,” pinta Iptu Sugarda.

“kemudian disaat kami melakukan penindakan atau mengamankan pelaku tindak kejahatan itu bisa di support dan di dukung,” tambahnya.

Sebelum menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Jayapura, pria asal Bojonegoro, Jawa Timur yang saat ini sudah memiliki seorang istri dan tiga orang anak ini pernah menjabat sebagai Kapolsek Nimbokrang di tahun 2017.

Selain itu karier Iptu Sugarda di Kepolisian bisa dibilang sangat bagus karena diawal kariernya sebagai perwira, Iptu Sugarda langsung menduduki jabatan penting sebagai Kanit Tipikor di Polres Sarmi, kemudian mendapat promosi jabatan sebagai Kapolsek Nimbokrang dan selanjutnya di promosikan ke bagian Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Papua.

Tidak berhenti disitu, Iptu sugarda juga pernah dipromosikan menjadi Kasat Narkoba di Polres Timika, kemudian kembali mendapat jabatan di Samapta Bhayangkara (Sabhara) Polda Papua setelah itu dipromosikan menjadi Kapolsek Sentani Barat Polres Jayapura, kemudian pindah ke Tipiter Reskrimsus Polda, Kasat Reskrim Polres Mimika dan saat ini sebagai Kasat Reskrim Polres Jayapura.

“Jadi, di Polres Jayapura dan Polda Papua kami bukan orang baru. Tapi kembali lagi sebagai penegak hukum di Satreskrim Polres Jayapura mengenai persoalan atau permasalahan hukum yang dihadapi oleh masyarakat itu kami siap membantu, apapun bentuknya dan perkaranya itu kami akan layani dengan baik, secara maksimal dan profesional, serta transparan. Karena itu yang perlu kita lakukan kepada masyarakat untuk mendapatkan kepastian hukum,” jelasnya.

Menurutnya, hal itu sesuai dengan amanat Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, S.IK., M.H., terhadap dirinya selaku perpanjangan tangan di bidang penegakan hukum yang ada di wilayah hukum Polres Jayapura.

“Karena saya disini mendukung program dan kebijakan dari bapak Kapolres, yang kaitannya dengan menuntaskan, kemudian merespon cepat baik itu laporan maupun adanya perkara tindak pidana. Supaya ada nilai keadilan dalam masyarakat,” tegas Sugarda.

Ia juga menegaskan, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan nafas dari kepolisian, sehingga untuk menjaga semua itu pihaknya akan mengawal dan melindungi kepentingan masyarakat agar tidak memunculkan potensi gangguan keamanan.

“Disini pentingnya keamanan dan ketertiban itu, ya itulah yang menjadi nafas kita. Tugas kami bagaimana mengawal kepentingan masyarakat, sehingga tidak akan memunculkan potensi keamanan dalam masyarakat,” katanya.

Iptu Sugarda menambahkan bahwa pihaknya juga berencana untuk melakukan silaturrahmi kepada orang-orang tua, baik itu Ondofolo/Ondoafi, Kepala Suku dan juga Ketua-ketua Paguyuban, yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura.

“Untuk itu, kami juga butuh kerjasama dan dukungan dengan pemangku-pemangku kepentingan, baik itu pemerintah, tokoh-tokoh adat, Ondoafi, tokoh-tokoh ikatan kerukunan, wartawan, organisasi masyarakat maupun LSM. Kita harus sinergis karena semua itu tidak bisa jalan kalau masing-masing pihak tidak saling konek. Kita harus saling memberi saran dan masukan antara satu dengan lainnya agar Kamtibmas itu tercapai,” harap Iptu Sugarda.

 

 

Artikel Terkait

Usai KKB Serang Prajurit TNI Di Mugi Kondisi Terkini Belum Diketahui

Jems

Pos Polisi Pasar Lama Sentani Siaga, Siap Terima Laporan Warga

Jems

Bergerak Cepat, Timsus Cycloop Tangkap Pelaku Pencurian Dengan Kekerasan

Jems

Kapolres Jayapura Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kasat dan Kapolsek

Jems

Diminta Masyarakat Maju Caleg di Dapil II, Yulen Gat Momongan Nyatakan Siap

Jems

Pelaku Percobaan Penculikan Anak dengan Motif Cabul di Ringkus Tim Polres Jayapura

Jems

Olahraga Bersama Dalam Rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari Ke-70

Jems

Hari Ke-10 Operasi Zebra, 70 Sepeda Motor Terjaring, 27 Diantaranya Ditilang

Jems

HUT Lantas Bhayangkara Ke 67, Satlantas Polres Jayapura Gelar Syukuran

Jems