Pasific Pos.com
Headline Kota Jayapura

BSI Beri Bantuan dan Trauma Healing bagi Korban Terdampak Banjir dan Tanah Longsor di Jayapura

Branch Manager Bank Syariah Indonesia KC Jayapura, Reny Cendrasari melakukan trauma healing bagi santri Ponpes Darul Ma’arif Numbay Jayapura sebelum menyalurkan bantuan, Sabtu (15/1/2022). (Foto : Istimewa)

Jayapura – Musibah banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kota Jayapura, Papua pada Jumat (7/1/2022) menjadi perhatian Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Jayapura dan Cabang Pembantu Abepura serta Lemaba Amil Zakat Nasional (Laznas) BSM Umat.

Perhatian tersebut diwujudkan melalui penyaluran bantuan kepada korban terdampak banjir dan tanah longsor berupa 400 paket sembako dan 1.000 bingkisan.

Selain penyaluran bantuan, BSI Jayapura dan Abepura juga melakukan trauma healing dan bantuan sarung, mukena dan lainnya bagi para santri di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Numbay, Abepura.

Bantuan diserahkan oleh Branch Manager BSI Jayapura, Reny Cendrasari didampingi Pawning Sales Officer Gadai BSI KCP Abepura, Septi Ahmad M kepada Kepala MI Ponpes Darul Ma’arif, Kurniawati disaksikan orang tua santri dan santriwati yang hadir di kegiatan tersebut.

Reny menjelaskan bahwa bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian BSI terhadap warga terdampak musibah banjir dan tanah longsor di beberapa titik. Kepedulian tersebut merupakan program Corporate Social Responsibility atau CSR BSI.

“Kita berikan bantuan sembako sekitar 380 paket dan 1.000 bingkisan tersebar di beberapa titik di Kota Jayapura bagi warga terdampak bencana. Jadi kami tidak hanya fokus di satu daerah, selain itu kami juga lakukan acara trauma healing,” ucapnya.

Foto bersama usai penyaluran bantuan paket sembako kepada warga terdampak bencana di Kota Jayapura.

Menurutnya, BSI beserta Laznas BSM Umat yang hadir dengan tujuan mengoptimalkan potensi dan menghimpun dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf) dan dana sosial lainnya dengan sasaran muzakki (donatur) perorangan maupun perusahaan sering bersinergi.

Reny berharap, melalui bantuan yang diberikan melalui Bank BSI dan LAZNAS BSM UMAT dapat dimanfaatkan secara maksimal dan juga berharap agar tidak melihat dari besar kecil bantuan yang diberikan, namun inilah wujud perhatian dan kepedulian yang dilakukan secara nyata oleh BSI KC Jayapura dan KCP Abepura.

Sementara itu, Pawning Sales Officer Gadai BSI KCP Abepura, Septi Ahmad M mengatakan, tujuan Bank Syariah Indonesia memberikan trauma healing kepada santri dan santriwati di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Kali Acai Abepura untuk memberikan edukasi kepada anak-anak khususnya terkait banjir.
“Diharapkan bagaimana penanganan ketika banjir anak-anak tidak boleh panik dan tetap harus bisa menyelamatkan diri, menjaga diri kemudian setelah banjir juga harus tahu apa yang harus dilakukan,” jelas Septi.

“Trauma healing atau penyembuhan selama trauma untuk memberikan motivasi kepada anak-anak di sekitar wilayah banjir untuk tetap sabar dan semangat tetap mau mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di sekolah karena musibah bisa dijadikan berkah pada semua anak-anak dan masyarakat,” sambungnya.

Kepala Madrasah Ibtidaiyah Ponpes Darul Ma’arif, Kurniawati menyampaikan terima kasih dan kepada BSI KC Jayapura dan KCP Abepura serta LAZNAS BSM UMAT yang telah hadir membantu baik dalam pemberian sembako dan kegiatan trauma Healing.

“Bantuan yang diberikan ini tentu sangat bermanfaat karena dampak dari musibah banjir dan tanah longsor khususnya di wilayah kami sangat dahsyat. Kegiatan trauma healing ini tentu sangat positif bagi anak-anak agar mereka tetap semangat pasca musibah banjir,” kata Kurniawati. (Zul)