Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Beginilah Kampung Kibay Yang Akan Mendapat Sentuhan TMMD KE-107 

tmmd ke 107 keerom
TMMD ke-107 Kodim 1701/Jayapura dilaksanakan ,di Kampung Kibay, Distrik Arso Timur.
Kampung Kibay merupakan sebuah kampung terpencil yang terletak di paling ujung Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, kampung Kibay juga terletak di daerah perbatasan RI – PNG.
Kampung Kibay memiliki luas wilayah +25.000 m2 dengan jumlah penduduk sebanyak 595 jiwa. Jarak dari pusat pemerintahan Kabupaten Keerom menuju Kampung Kibay +30 KM dan ditempuh dalam waktu 2 jam. Kondisi ruas jalan menuju Kampung Kibay umumnya sudah diperkeras, sebagian sudah berupa jalan aspal namun kondisinya sudah rusak.
Hampir seluruh penduduk Kampung Kibay adalah masyarakat Asli Papua yang bermatapencaharian berkebun. Penduduk kampung ini juga masih dalam kategori penduduk dengan tingkat kemiskinan tinggi serta tingkat pendidikan rendah.
Mayoritas masyarakat Kampung Kibay beragama Kristen, namun saat ini hanya terdapat satu buah gereja yang dijadikan sebagai tempat ibadah masyarakat dengan kondisi bangunan yang masih terbuat dari kayu.
Sedangkan untuk kondisi perumahan masyarakat, 80 % rumah masyarakat  masih terbuat dari kayu. Terdapat beberapa rumah yang ditempati lebih dari satu KK dalam satu rumah.
Di bidang pendidikan, hanya terdapat satu buah sekolah di Kampung Kibay yaitu SD Inpres Kibay, sementara untuk sekolah tingkat SMP dan SMA belum ada.
“Kami tentunya merasa prihatin dengan kondisi saudara-saudara kita yang berada di Kampung Kibay ini. Oleh karena itu, bersama dengan Pemerintah Kabupaten Keerom, kami akan memberikan “sentuhan” melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 107″, ungkap Kol. Inf Jerry Simatupang, Dandim 1701/Jayapura.
Dalam program TMMD ke – 107 nanti, Kodim 1701/Jayapura akan memperbaiki bangunan gereja dan membangun beberapa unit rumah masyarakat di Kampung Kibay. Penduduk Kampung Kibay juga nantinya akan mendapat berbagai penyuluhan yang diharapkan bisa membuka wawasan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya.
“Kita juga berharap melalui “sentuhan” ini akan terjalin hubungan yang harmonis antara penduduk kampung dan aparat TNI yang bertugas di wilayah perbatasan, sehingga kesadaran penduduk Kampung Kibay untuk turut menjaga keamanan di wilayah perbatasan juga semakin meningkat”, harap Dandim 1701/Jayapura.

Artikel Terkait

Satgas TMMD Gandeng Polsek Senggo Berikan Penyuluhan Hukum Bagi Warga

Fani

Satgas TMMD Berikan Bantuan Tenda Bagi Masyarakat Yang Akan Beribadah

Fani

Dandim Kembali Cek Perkembangan Pembangunan Di Kibay

Fani

Tentara Juga Piawai Bercocok Tanam

Arafura News

Lettu Inf. Antonius Minta Anak-Anak Jaga Kesehatan

Arafura News

Boneng, Wujud Cinta dan Dukungan Warga Pegunungan Bintang Ke TNI

Fani

TNI Utamakan Pendekatan Komunikasi Bagi Masyarakat

Fani

Berkat Kerjasama Dengan Masyarakat Kuda Kuda Atap Gereja Sudah Naik

Fani

Ketulusan Serka Enjels Steven, Rela Jalan Kaki Demi Obati Warga

Arafura News