Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Beginilah Kampung Kibay Yang Akan Mendapat Sentuhan TMMD KE-107 

tmmd ke 107 keerom
TMMD ke-107 Kodim 1701/Jayapura dilaksanakan ,di Kampung Kibay, Distrik Arso Timur.
Kampung Kibay merupakan sebuah kampung terpencil yang terletak di paling ujung Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, kampung Kibay juga terletak di daerah perbatasan RI – PNG.
Kampung Kibay memiliki luas wilayah +25.000 m2 dengan jumlah penduduk sebanyak 595 jiwa. Jarak dari pusat pemerintahan Kabupaten Keerom menuju Kampung Kibay +30 KM dan ditempuh dalam waktu 2 jam. Kondisi ruas jalan menuju Kampung Kibay umumnya sudah diperkeras, sebagian sudah berupa jalan aspal namun kondisinya sudah rusak.
Hampir seluruh penduduk Kampung Kibay adalah masyarakat Asli Papua yang bermatapencaharian berkebun. Penduduk kampung ini juga masih dalam kategori penduduk dengan tingkat kemiskinan tinggi serta tingkat pendidikan rendah.
Mayoritas masyarakat Kampung Kibay beragama Kristen, namun saat ini hanya terdapat satu buah gereja yang dijadikan sebagai tempat ibadah masyarakat dengan kondisi bangunan yang masih terbuat dari kayu.
Sedangkan untuk kondisi perumahan masyarakat, 80 % rumah masyarakat  masih terbuat dari kayu. Terdapat beberapa rumah yang ditempati lebih dari satu KK dalam satu rumah.
Di bidang pendidikan, hanya terdapat satu buah sekolah di Kampung Kibay yaitu SD Inpres Kibay, sementara untuk sekolah tingkat SMP dan SMA belum ada.
“Kami tentunya merasa prihatin dengan kondisi saudara-saudara kita yang berada di Kampung Kibay ini. Oleh karena itu, bersama dengan Pemerintah Kabupaten Keerom, kami akan memberikan “sentuhan” melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 107″, ungkap Kol. Inf Jerry Simatupang, Dandim 1701/Jayapura.
Dalam program TMMD ke – 107 nanti, Kodim 1701/Jayapura akan memperbaiki bangunan gereja dan membangun beberapa unit rumah masyarakat di Kampung Kibay. Penduduk Kampung Kibay juga nantinya akan mendapat berbagai penyuluhan yang diharapkan bisa membuka wawasan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya.
“Kita juga berharap melalui “sentuhan” ini akan terjalin hubungan yang harmonis antara penduduk kampung dan aparat TNI yang bertugas di wilayah perbatasan, sehingga kesadaran penduduk Kampung Kibay untuk turut menjaga keamanan di wilayah perbatasan juga semakin meningkat”, harap Dandim 1701/Jayapura.

Artikel Terkait

Tokoh Adat Naira Serahkan Aspirasi, Dandim: Akan Saya Teruskan Kepada Kepala Daerah dan Pimpinan

Jems

Ini Yang Disampaikan Kasrem172/PWY Saat Menutup TMMD Ke- 120 di Kampung Naira

Jems

Buka TMMD Ke- 120, Bupati Triwano Purnomo Apresiasi Kodim 1701/ Jayapura

Jems

Antisipasi Banjir dan Wabah Penyakit Kodim Jayapura Bersinergi Lakukan Karya Bakti

Jems

Aster Kasdam Cenderawasih Bersama Dandim Jayapura Tinjau Lokasi TMMD

Jems

Dua Minggu Berjalan Progres TMMD Ke 118 Kodim 1701/Jayapura Capai 53 Persen

Jems

Dandim Pimpin Acara Korps Raport Kenaikan Pangkat Prajurit Kodim Jayapura

Jems

Kabupaten Jayapura Terpilih Sebagai Tempat Pelaksanaan TMMD, Pj Bupati Jayapura Apresiasi TNI

Jems

Tutup Open Turnamen Kasad Cup 2023, Dandim: Yang Belum Menang, Jangan Berkecil Hati

Jems