Pasific Pos.com
Headline

Bangkitkan Cinta Alam Melalui Perkemahan Saka Wira Kartika

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan sedang melakukan penanaman pohon matoa di sela -sela perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di Buper Waena, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (03/02/2024).

 

 

Jayapura – Pembinaan bagi generasi muda agar dapat mencintai alam dalam dilakukan melalui berbagai kegiatan. Salah satunya adalah melalui gerakan Pramuka.
Hal ini dikatakan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan saat membuka perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di Buper Waena, Jayapura, Sabtu (03/02/2024).

KASAD dalam amanat tertulis yang dibacakan Pangdam XVII/Cenderawasih mengatakan kegiatan perkemahan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang Kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali anggota Pramuka.

“TNI AD melaksanakan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina serta membentuk generasi muda bangsa agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat sehingga menjadi generasi yang mampu dan mengisi kemerdekaan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945,” tegasnya.

Dikatakan pula, kegiatan Persami ini ditujukan kepada generasi muda untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global. Selaras dengan tema kegiatan yaitu “Bersatu dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah”.

Makna dari tema ini pun harmonis dengan poin Dasa Darma Pramuka yang kedua berupa “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia”.

Sementara itu Ketua Kwartir Daerah Papua, Kristina L. Mano memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Persami Saka Wira Kartika ini.

” Saya mengapresiasi kegiatan Persami ini sebagai pembinaan terhadap generasi muda, terutama melaksanakan Dasa Darma, Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, ” Ujarnya.

Peserta perkemahan ini selain melakukan penghijauan di lahan Buper Waena, juga pada hari Minggu akan mengadakan kegiatan “grebek sampah” Di terminal Expo dan di Pasar Yotefa Abepura.

 

Artikel Terkait

HUT Ke-45, SMPN 2 Sentani Gelar Lomba Fashion Show Daur Ulang

Jems

Datangi TPS 040 Dobonsolo, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Salurkan Hak Pilih

Jems

Ini Imbauan KPID Kepada Media dan Masyarakat Papua pada Pesta Demokrasi Besok

Jems

Gelar Turnamen Catur, Ruddy Bukanaung: Ini Ajang Silaturahmi Dengan Pecatur Kabupaten Jayapura

Jems

Ratusan Masyarakat Yahukimo Siap Menangkan Ruddy Bukanaung

Jems

Cintiya Ruliani Talantan Resmi Jabat Ketua DPRD, Ondofolo Jhon Suebu: Turut Berbahagia

Jems

Cintiya Ruliani Talantan Resmi Menjabat Ketua DPRD Kabupaten Jayapura

Jems

Temui Masyarakat Kampung Taruna, Ruddy Bukananung Kembali Dapat Dukungan

Jems

Ratusan Masyarakat Yahukimo Beri Dukungan Kepada Ruddy Bukanaung

Jems