Pasific Pos.com
HeadlineSosial & Politik

Yan Mandenas : Negara Tak Boleh Kalah Dengan KKB

Yan Permenas Mandenas

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI, Fraksi Partai Gerindra, Dapil Papua, Yan Permenas Mandenas memantau terus aksi teror yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua.

Yan Mandenas mengharapkan aksi teror yang dilakukan kelompok KKB bisa segera diatasi oleh aparat penegak hukum dan bekerja sama dengan TNI dan pemerintah daerah.

“Negara tidak boleh kalah dengan kelompok kriminal. Apalagi bukan hanya aparat penegak hukum yang menjadi korban, bahkan masyarakat serta perekonomian tak bisa berjalan baik di daerah tersebut,” ungkap Yan Mandenas dalam press releasenya, Senin, (15/2/2021).

Yan Mandenas yang juga anggota Komisi I bidang Pertahanan menjelaskan, dari pantauan dan juga beberapa sumber yang diterimanya, aksi teror kelompok KKB sudah memasuki perkotaan di Intan Jaya, bahkan mereka berhasil merekrut masyarakat setempat.

Menurut Yan Mandenas, apabila hal ini terus terjadi, bisa berdampak luas bagi keamanan masyarakat yang berada di daerah setempat.

“Harus duduk bersama antara TNI, Polri dan Pemerintah, untuk menyusun strategi agar teror ini tidak berkelanjutan. Disamping itu, kita bisa menyelesaikannya tanpa harus melalui jalur pertumpahan darah. Kita harapan kan tidak ada lagi masyarakat maupun aparat penegak hukum yang bertugas disana menjadi korban,” katanya.

Yan Mandenas yang juga anggota Fraksi Gerindra itu menegaskan, dalam waktu dekat akan berkunjung ke Papua dan bertemu dengan pihak aparat penegak hukum, untuk mendapatkan informasi mengenai yang terjadi di sana.

“Saya akan berkomunikasi dengan Kapolda dan Pangdam, untuk mendapatkan informasi yang terjadi disana. Lalu kita juga akan bertukar pikiran langkah-langkah apa yang bisa kita dorong di DPR untuk mencegah konflik yang terjadi di Intan Jaya,” lugasnya.

Yan Mandenas juga berpesan agar aparat penegak hukum bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh kehati-hatian, agar tidak menjadi korban atau salah sasaran dalam memberantas para pelaku kriminal bersenjatah.

Artikel Terkait

Kasus Pembantaian Warga Sipil di Nduga, Yunus Wonda Sebut Tindakan Tidak Berprikemanusiaan

Bams

Sonny Wanimbo : Saya Tidak Kenal Neson Murib

Jems

Yan Mandenas : Aksi KKB Harus Dihentikan

Bams

Kapolda : Tinggal Menunggu Waktu Untuk Penindakan Terhadap KKB

Ridwan

KKB Kembali Beraksi Di Intan Jaya

Ridwan

Tim Pencari Fakta Intan Jaya Ditembaki KKB, Dosen UGM Jadi Korban

Ridwan

Namantus Gwijangge : Apapun Alasan TNI/Polri dan TPNPB, Wajib Hukumnya Lindugi Warga Sipil

Tiara

Yulius Wetipo Korban Penembakan KKSB Di Nduga Meninggal Dunia

Ridwan

Kontak Tembak TNI dan KKSB, Satu Warga Sipil Jadi Korban

Ridwan