Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis Papua Barat

Simak Tips Kelistrikan dari PLN Dimusim Hujan

Petugas kelistrikan. (Foto : Istimewa)

Manokwari – Memasuki musim penghujan dan cuaca ekstrem seperti gelombang tinggi dan angin kencang, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manokwari mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan menjaga keamanan dan keselamatan ketenagalistrikan dengan melaporkan jika ada potensi berbahaya.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Pelaksana Harian Manager UP3 Manokwari, Bagya Pratama mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan masyarakat ketika curah hujan tinggi dan terjadi banjir yaitu menghindari bahaya tersengat aliran listrik, dengan mematikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB) di kWh meter. PLN juga menghimbau masyarakat agar merelakan pohon yang mendekati jaringan PLN, ditebang.

“Kamipun menghimbau masyarakat mau merelakan pohon dirabas/dipangkas yang mendekati jaringan PLN yang berpotensi gangguan listrik saat hujan, matikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB) apabila ada genangan air,” ungkapnya

Manager Bagian Jaringan, Arvy Tryudha menambahkan, PLN telah melakukan inspeksi terhadap tiang-tiang dan kabel guna memastikan penyaluran energi listrik ke masyarakat dalam kondisi normal dan aman.

“Kami telah siapkan seluruh petugas layanan teknik PLN untuk melakukan pemulihan secepatnya, dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan. Masyarakat dapat segera melaporkan ke PLN jika menjumpai listrik dan kabel listrik yang membahayakan,” kata Arvy.

“Warga harus berhati-hati sebelum menyalakan listrik di rumah, pastikan peralatan listrik di rumah sudah bersih dan kering sebelum digunakan, karena ini juga berpotensi menyebabkan tersetrum. Selain itu masyarakat juga bisa kenali dulu kabel dan tiangnya. Kalo kabel PLN itu terpilin dan biasanya terpasang paling atas. Jika yang dimaksud kabel melingkar-lingkar sudah dipastikan itu bukan kabel PLN karena secara teknis hal itu tidak diperkenankan untuk penyaluran listrik, itu kabel utilitas lain,” papar Arvy Tryudha.

Lebih lanjut, jika banjir terjadi sementara listrik belum dipadamkan PLN, masyarakat diminta untuk segera melaporkannya Pelanggan juga dapat menghubungi Contact Center PLN 123 dalam keadaan darurat.

Contact Center PLN 123 dapat diakses melalui telepon di (0986) 123, melalui Facebook di PLN 123, melalui Twitter di @pln_123, melalui email di pln123@pln.co.id, atau melalui aplikasi one-stop service, New PLN Mobile, yang dapat diunduh di Google Playstore untuk Android atau App Store untuk iOS demi kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja.

Berikut tips mengamankan listrik saat musim hujan :

1. Matikan instalasi listrik di dalam rumah
2. Cabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak
3. Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi
4. Bila aliran listrik yang terkena banjir tidak padam, segera hubungi contact center PLN 123
5. Hubungi instansi terkait penanggulangan bahaya banjir. (Zul)