Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura Olahraga

Wagus Hidayat Buka Turnamen Antar Pilar KKSS Cup I

Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura H. Wagus Hidayat dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jayapura Yaan Yoku ketika melakukan tendangan pertama mengawali laga perdana antara tim Soppeng vs Wajo pada pembukaan Turnamen Antar Pilar KKSS Kabupaten Jayapura, Senin (5/9/2022) di Stadion Barnabas Youwe, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

SENTANI – Didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jayapura Yaan Yoku, Turnamen sepak bola antar pilar KKSS Cup I Tahun 2022 resmi dibuka Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura H. Wagus Hidayat, S.E.

Pembukaan turnamen tersebut berlangsung di Stadion Barnabas Youwe (SBY), Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (5/9/2022). Turnamen sepak bola yang digelar BPD KKSS Kabupaten Jayapura ini diikuti 9 tim kesebelasan dari pilar-pilar KKSS.

Pembukaan turnamen sepak bola antar pilar KKSS Cup I ini ditandai dengan tendangan pertama Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura H. Wagus Hidayat bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jayapura Yaan Yoku dan disaksikan sejumlah pejabat dan pengurus KKSS Kabupaten Jayapura, menandai laga perdana antara tim KKS (Soppeng) berhadapan dengan tim HKW (Wajo).

Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura H. Wagus Hidayat menyampaikan, turnamen sepak bola antar KKSS Cup pertama ini merupakan salah satu agenda bidang olahraga KKSS Kabupaten Jayapura yang bertujuan selain sebagai ajang silaturrahmi juga untuk memberikan hiburan kepada warga Kabupaten Jayapura khususnya warga Sulawesi Selatan yang ada di Bumi Khenambay Umbay.

“Kegiatan ini untuk memberikan hiburan kepada masyarakat Kabupaten Jayapura khususnya dari warga KKSS. Kami berharap kegiatan ini bisa muncul (melahirkan) bibit-bibit pesepakbola yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Jayapura khususnya dan tanah Papua pada umumnya,” kata Wagus Hidayat.

Ia menyebutkan, sebenarnya jumlah pilar KKSS itu ada sekitar 13 pilar, namun yang ikut bertanding dalam kegiatan turnamen ini hanya 9 pilar atau tim kesebelasan.

“Yang mana, ada dua pilar kami yang merger (bergabung) menjadi satu tim yakni, Pinrang dan Sidrap. Sedangkan sistem turnamen ini memakai format setengah kompetisi. Untuk itu, kami harap kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin setiap tahun, harapan kita turnamen ini juga mampu menjaring bibit baru atlet sepak bola di Kabupaten Jayapura,” harap Wagus Hidayat.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jayapura Yaan Yoku yang mewakili Pemerintah Kabupaten Jayapura menyampaikan, Pemerintah Daerah sangat menyambut baik digelarnya turnamen sepak bola ini. Karena selain sebagai wahana silaturrahmi, juga sebagai bentuk kepedulian dan kontribusi KKSS dalam mensukseskan program keolahragaan di Kabupaten Jayapura.

“Mewakili pemerintah daerah, kami ucapkan terima kasih dan sampaikan apresiasi tinggi kepada KKSS yang sudah melaksanan event olahraga ini. Kenapa kami ucapkan terima kasih, karena inikan bagian dari menumbuhkan olahraga di Kabupaten Jayapura,” ucap pria yang akrab disapa Yaan.

“Kita berharap partisipasi dari kelompok-kelompok masyarakat, ini penting agar ada event-event yang bisa tersedia di kabupaten ini. Hal ini juga bisa menumbuhkan atau menunjukkan gairah untuk orang berolahraga itu semakin tinggi,” nilai Yaan Yoku.

Diketahui, pembukaan turnamen sepak bola antar pilar KKSS Cup 1 juga dihadiri sejumlah pejabat Pemkab Jayapura, Kepala Distrik Sentani Marsuki Ambo, Kapolsek Sentani Kota AKP Rozikin, tokoh pemuda Billy Suwae dan ketua-ketua pilar yang ada di BPD KKSS Kabupaten Jayapura.