Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis Headline

Tol Laut Depapre Harapan Baru Ekonomi Papua

Wakil Bupati (Wabup) Puncak Jaya, Deinas Geley,S.Sos.M.Si

JAYAPURA- Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Puncak Jaya, Papua mengapresiasi Presiden Joko Widodo, Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP.MH dan Bupati Kabupaten jayapura, Mathias Awoitauw,SE.M.Si atas terobosannya membuka Pelabuhan Depapre sebagai pelabuhan peti kemas yang melayani rute tol laut Papua.

“Kami memberikan apresiasi kepada bapk Presiden Jokowi, bapak Gubernur Enembe dan bapak Bupati Jayapura Mathias Awoitauw yang membuka pelabuhan Depapre. Ini sebuah langkah maju,”ujar Wakil Bupati (Wabup) Puncak Jaya, Deinas Geley,S.Sos.M.Si kepada pers, Senin pagi (1/2/2021) di Jayapura.

Wabup Deinas mengaku sangat bangga karena terobosan ini bakal membawa dampak positif bagi pemerintah dan masyarakat di kawasan Pegunungan Papua. Harga barang dan komoditas yang selama ini masih mahal, bakal turun.

“Ini harapan bagu bagi ekonomi Papua dan langkah maju untuk menekan harga-harga barang di daerah Pegunungan Papua yang selama ini masih mahal. Saya optimis kami di Puncak Jaya bakal merasakan dampak dari beroperasi pelabuhan Depapre,”katanya.

Dia mencontohkan harga beras dapat dipastikan menurun, karena distribusi beras dari Merauke tak lagi dikirim ke pulau Jawa melainkan langsung di kirim ke Jayapura kemudian diterbangkan ke Pegunungan Papua.

Kapal tol laut Logistik Nusantara (Lognus) 2 Saat Sandar di Pelabuhan Depapre Menandai Beroperasi Rute Tol Laut Via Pelabuhan Tersebut.

“waktu saya menjabat direktur umum di Perusahaan Daerah (PD) Irian Bhakti, kami sudah merencanakan untuk membeli beras dari Merauke langsung di kirim ke Jayapura lalu didistribusi ke kabupaten-kabupaten Pegunungan Papua. Namun waktu itu terkendala. Sekarang dengan tol laut melalui Pelabuhan Depapre, maka rencana itu bisa diwujudkan,”ungkapnya.

Wakil Bupati yang menghabiskan waktunya menyapa rakyatnya di kampung-kampung dan termasuk salah satu pemimpin terbaik di Papua itu optimis program-program strategis yang dipelopori Presiden Joko Widodo dan Gubernur Lukas Enembe untuk mensejahterakan Orang Asli Papua (OAP) dapat diwujudkan bila semua elemen masyarakat bersatu dan bekerjasama membangun Bumi Cenderawasih.

“Kami selalu bersama rakyat dan terus berkerja untuk memenuhi kebutuhan mereka. Saya opitmis program bapak presiden Jokowi dan bapak Gubernur Lukas Enembe bisa menjawab masalah kemiskinan di Papua,”tandasnya.

Pelabuhan Depapre resmi beroperasi sebagai pelabuhan peti kemas dan melayani rute tol laut. Peresmiannya ditandai dengan bersandarnya kapal tol laut Logistik Nusantara (Lognus) 2 yang dioperasikan PT Pelni.

Pelabuhan yang berada di Distrik Depapre Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua itu melayani rute baru atau rute T-9 meliputi Kabupaten Merauke – Kokas – Sorong – Supiori – Depapre Kabupaten Jayapura (pulang pergi).

Peresmian pelabuhan tersebut dilakukan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE., M.Si, didampingi staf ahli menteri perhubungan Dr. Cris Kuntadi, Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Papua, Muhammad Musa’ad dan pejabat lainnya.

Artikel Terkait

Layanan Tol Laut Trayek T19 Dapat Apresiasi

Afrans

Lokasi Pendaratan Kapal Perang Dunia II di Papua, Kini Jadi Pelabuhan Tol Laut Jokowi

Bams

Perdana, Kapal Kontainer Berukuran Besar Sandar di Pelabuhan Depapre

Jems

Sekda.Papua Pantau Kesiapan Tol Laut Pelabuhan Depapre

Bams

Tol Laut Pasca Diterapkan Di Merauke

Arafura News