Pasific Pos.com
Papua Selatan

Tol Laut Pasca Diterapkan Di Merauke

Kepala PT.PELNI, Bambang Sigit bersama jajaran KSOP saat ditemui di dermaga (foto:iis)
‘Meningkat Pesat, Shipment Terakhir Capai 20 Teus Kontainer’

 

MERAUKE,ARAFURA,- Kepala PT.PELNI (Persero) Cabang Merauke, Bambang Sigit mengemukakan bahwa pihaknya telah melaksanakan program pemerintah berupa tol laut kapal kontainer yang memang melayani Papua hingga ke Jawa. Shipment yang berlangsung Rabu (23/12) merupakan yang terakhir di tahun 2020 dan mengalami perkembangan yang sangat signifikan dimana termuat hingga 20 teus kontainer yang berisi berbagai macam hasil bumi yang terdapat di Merauke.

Berdasarkan informasi dari lapangan proses stuffing dilakukan oleh JPT.Jamarindo SP sebanyak 10 teus (9dry+1river), JPT.Berkah Mutiara Laut sebanyak 6 teus ( 5 dry+1river), JPT.Irian Jaya Logistik sebanyak 2 teus dry, JPT.Karya Baruna Raya sebanyak 1 teus dry, JPT.SCMU sebanyak 1 teus dry sehingga total semua sebanyak 20 teus terdiri dari 18 dry dan 2 river. Adapun jenis barangnya yaitu beras 10 teus, kulit kayu gambir 2 teus, buah kelapa 1 teus, gabah 2 teus, biji gebang dan ikan asin 1 teus, biji mente dan menir 1 teus, ikan beku 2 teus dan karton kosong 1 teus.

“Diharapkan pada tahun 2021 akan semakin meningkat sehingga dapat membantu saudara-saudara kita petani dan komoditi unggulan lainnya yang dapat kita distribusikan keluar Merauke,”jelas Bambang Sigit kepada wartawan di dermaga Pelabuhan Merauke Rabu lalu. Ia menambahkan, tidak hanya keluar daerah yang mengalami peningkatan namun ketika masuk Merauke juga sama, bahkan dari yang awalnya hanya 2 kontainer sekarang bertambah hingga 25 kontainer dengan berbagai macam komoditi yang diangkut. Rata-rata memang lebih kepada bahan pokok kebutuhan sehari-hari.

Artikel Terkait

Sekda.Papua Pantau Kesiapan Tol Laut Pelabuhan Depapre

Bams