Pasific Pos.com
Headline Sosial & Politik

Tabi dan Saireri Sudah Evaluasi Otsus, Bupati Mathius : Kami Tolak Rencana RDPU MRP

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw

SENTANI-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menolak rencana kegiatan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) yang rencananya akan dilaksanakan oleh Majelis Rakyat Papua (MRP) di wilayah Kabupaten Jayapura.

Penolakan dari Bupati Dua Periode ini dikarenakan Tabi dan Saireri sebelumnya sudah melakukan evaluasi Otsus. Kemudian pihaknya juga sudah melaksanakan rapat dengar pendapat dengan seluruh Forkopimda dari seluruh kabupaten yang ada di wilayah Tabi dan Saireri terkait penggunaan dana Otsus.

“Kami sudah selenggarakan evaluasi Otsus Tabi dan Saireri. Evaluasi itu dihadiri masyarakat adat, unsur perempuan, unsur pemuda, unsur agama, anggota DPR kabupaten kota wilayah Tabi dan Saireri kemudian anggota MRP wilayah Tabi dan Saireri. Selain itu, hadir pula intelektual intelektual, tokoh masyarakat dan juga ada akademisi dari Uncen sehingga kalau sekarang MRP mau laksanakan RDPU diwilayah Tabi, kami tolak,” ujar Mathius Awoitauw kepada wartawan saat ditemui di Sentani, Kamis (12/11) siang.

Selain itu, lanjut Bupati Mathius, hasil rapat dengar pendapat yang sudah digelar untuk wilayah Tabi dan Saireri tersebut sudah diserahkan ke Pemerintah Provinsi Papua, DPRP, MRP dan Mendagri.

Terlebih untuk melaksanakan evaluasi itu, pihaknya melakukan persiapan selama 1 bulan dan itu cukup melelahkan dan membuang banyak energi.

Dia menjelaskan pada intinya pemerintah dari wilayah adat Tabi dan Saireri yang telah melaksanakan rapat dengar pendapat pelaksanaan Otsus itu terkait dengan implementasi dana Otsus yang diterima oleh pemerintah daerah 80 persen dan itu yang harus dipertanggungjawabkan kepada rakyat.

“Undang-Undang Otsus tidak bisa dikatakan oleh siapapun bahwa Otsus batal, tidak bisa karena ini undang-undang. Kecuali ada undang-undang yang mengganti, dan itu oleh DPR RI. Yang bisa dievaluasi hanya uangnya, karena itu setiap 20 tahun harus dievaluasi apakah ditambah lagi atau dikurangi lagi. Untuk itu, kami kemarin evaluasi itu dan ada pikiran pikiran lain untuk masukkan sebagai perbaikan perbaikan Otsus ke depan,” tandas Bupati.

Artikel Terkait

Menjadi Pembicara Pada Kongres Besar I MAT, Ketua DPRD Berikan Bantuan Dana

Jems

Gelar Kongres Besar I, Masyarakat Adat Tabi Rumuskan Harapannya di Era Otsus Jilid II

Jems

Pengesahan RUU Otsus, Ini Kata Gubernur Papua

Bams

Bawa hasil kajian Otsus, Tim DPR Papua Lakukan Lobi Politik di DPR RI

Bams

Ini kata Tokoh Adat Kabupaten Jayapura Soal Otsus, DOB dan PON XX Tahun 2021

Jems

24 Pelajar Papua di Kirim ke 3 Universitas di Amerika

Bams

Barisan Merah Putih Minta Otsus Jilid Dua Tetap Dilaksanakan

Arafura News

MRP Rilis Buku 20 Tahun Otsus Papua

Bams

Punya Tanggung Jawab Sejahterakan Rakyat, Yanto Eluay Dukung Otsus dan DOB

Jems