Pasific Pos.com
Headline Info Papua

Sikapi Pembakaran Kantor Dukcapil Pegubin, Pangdam Perintahkan Penambahan Pasukan dan Lakukan Tindakan Tegas

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa saat memberikan keterangan kepada wartawan.

Jayapura – Menyikapi penyerangan dan pembakaran Gedung Kantor Dukcapil di Kota Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, oleh Kelompok Separatis Teroris (KST), Pangdam Pangdam XVII Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI, Muhammad Saleh Mustafa berencana melakukan penambahan pasukan.

“Rencananya nanti akan ada penambahan pasukan. Jadi kita akan fokus di Oksibil untuk menjamin rasa aman kepada masyarakat yang ada disana, dalam waktu satu atau dua hari ini,” kata saleh kepada awak media di Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (11/1/2022).

Dikatakan Pangdam, penambahan pasukan ini tidak diambil dari luar Papua melainkan dari beberapa satuan yang ada di Papua baik dari Kodam Cenderawasih maupun Polda Papua.

“Dan juga mungkin tindakan tegas kita akan lakukan, apakah itu pengejaran, pencarian dan penangkapan. Sebab ini adalah tindakan polisionil, maka itu siapa yang melakukan pelanggaran hukum dia akan ditangkap untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah diperbuatnya,” tegasnya.

Pangdam memastikan bahwa pihaknya tetap tetap akan melakukan tindakan penegakan hukum dengan pendekatan humanis dan tegas.

“Tegas ini berarti pencarian pelaku kejahatan, dan ini akan kita tingkatkan. Kita akan cari tidak seperti mencari gerombolan, itu tidak, tetapi misalnya si A yang buat pelanggaran, maka si A ini yang akan dicari agar dia bertanggung jawab,” jelas Pangdam.

Sementara yang tidak terlibat dalam pelanggaran kriminal, lanjut Pangdam pihaknya akan memberi imbauan imbau agar mereka kembali ke tengah-tengah masyarakat untuk membangun kehidupan sosial dengan sebaik-baiknya.

“Jadi terukur, jelas, masuk dalam DPO, maka kita kejar,” singkat Pangdam menutup wawancara .

Artikel Terkait

Situasi di Berbagai Daerah di Papua Memanas, Pangdam Berharap Peran Tokoh Agama dan Masyarakat

Jems

Kodam Cenderawasih Kirim Bama Bagi Masyarakat di Kiwirok

Jems

Danrem: TMMD, Program Lintas Sektoral Secara Terpadu

Arafura News

Sambut HUT Kodam, Kodim Bagi-Bagi Sembako

Arafura News

Kodam Cenderawasih Siap Bantu Kontingen PON XX Papua

Pasific Pos

Pangdam : Prajurit Berhasil Membangun Interaksi Yang Baik

Arafura News

Pendam XVII Cenderawasih Jalin Silaturahmi Bersama Pers

Bams

Jamu Pangdam Baru, Gubernur Harap Kerjasama yang Sudah Berjalan Dilanjutkan

Bams

Peringati Hari Juang TNI AD, Kodam Cenderawasih Berikan Bingkisan Kepada Pers

Bams