Pasific Pos.com
Papua Selatan

Salurkan Alsintan Bagi Warga Asli Papua Tabonji

Sejumlah alat yang telah diberikan kepada warga (foto:ist)
‘Sulaeman Hamzah Dinilai Sosok Yang Peduli Dan Komit Bangun Papua’

 

MERAUKE,ARAFURA,-Anggota Komisi IV DPR RI, H. Sulaeman L. Hamzah tentunya sudah tidak diragukan lagi dalam hal kepedulian dan perhatian yang diberikan kepada masyarakat, termasuk masyarakat asli Papua. Salah satunya dengan menyalurkan bantuan kepada masyarakat setelah dirinya menyerap aspirasi masyarakat dalam setiap resesnya di Kabupaten Merauke. Pada tahun 2020 ini alat dan mesin pertanian aspirasi H. Sulaeman L. Hamzah banyak diberikan kepada masyarakat asli Papua di Kabupaten Merauke yang terdiri dari traktor roda empat, pompa air, power threser, cultivator dan rice transplanter.

Tidak hanya itu H. Sulaeman L. Hamzah juga menyalurkan bantuan untuk kelompok wanita tani asli Papua yaitu Pekarangan Pangan Lestari (P2L) sebanyak 4 unit di Distrik Merauke beberapa waktu lalu yang semuanya diberikan kepada masyarakat asli Papua. P2L sendiri dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk penanganan daerah prioritas intervensi stunting dan penanganan prioritas daerah rentan rawan pangan atau pemantapan daerah tahan pangan. Kegiatan ini dilakukan melalui pemanfaatan lahan pekarangan, lahan tidur dan lahan kosong yang tidak produktif sebagai penghasil pangan dalam memenuhi pangan dan gizi rumah tangga serta berorientasi pasar untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Bantuan dana yang diterima oleh masing-masing kelompok dalam melaksanakan program tersebut adalah sebesar 75 juta Rupiah. Warga Tabonji juga merasakan manfaat dari upaya yang dilakukan oleh Sulaeman Hamzah dan trkait dengan perhatian dari sosok wakil rakyat tersebut, Paskalis Wamudiwa selaku masyarakat asli Papua Distrik Tabonji dan pembina mahasiswa dan pelajar Distrik Tabonji mengemukakan bahwa dirinya sebagai anak asli Marind sangat mengapresiasi langkah yang telah beliau lakukan terutama ketika beliau berkunjung ke tanah kelahiranya di Distrik Tabonji beberapa waktu lalu.

Sulaeman Hamzah menyempatkan waktu bertemu tua-tua adat dan masyarakat setempat yang disambut dengan antusias. Apalagi beliau memberikan perhatian besar kepada warga yang bermatapencaharian di bidang pertanian dan tanpa memberikan janji yang muluk-muluk, beliau telah membuktikan dengan menyalurkan delapan unit alat pertanian yang dibutuhkan warga. “Tidak hanya di bidang pertanian, pada tahun 2019 Bapak Sulaeman pernah mengunjungi Tabonji dan memberikan bantuan kepada gereja setempat yang sudah beroperasi sejak zaman Belanda. Beliau merespon dengan memberikan bantuan dana sebesar 100 juta untuk renovasi gereja dan sudah rampung 100%,”jelas Paskalis kepada wartawan di Rumah Aspirasi Sulaeman L.Hamzah, Jumat (23/10) lalu.

Ia menambahkan, bantuan asintan diberikan untuk delapan kelompok orang asli Papua sehingga permasalahan pertanian dapat teratasi dan kehidupan ekonomi warga juga bisa meningkat. Sulaeman berupaya agar masyarakat dapat memiliki pendapatan ekonomi yang pasti dan warga tidak lagi kesulitan karena telah mendapatkan peralatan yang lebih moderen berkat perjuangan seorang Sulaeman Hamzah, seorang wakil rakyat di senayan dan Fauzun Nihayah selaku Anggota DPRP. “Bantuan tersebut memudahkan kami orang asli Papua dan Bapak Sulaeman dan Ibu Fauzun tidak hanya membantu di bidang pertanian saja tetapi juga membantu mahasiswa asal Tabonji di bidang olahraga, antara lain bantuan kostum, buku dan lain sebagainya. Masyarakat menilai kedua sosok wakil rakyat ini benar-benar memperhatikan masyarakat asli dan ikut berupaya untuk membangun masyarakat Papua,”pungkasnya.

Artikel Terkait

Kunjungi Kampung Timur, Sulaeman Hamzah Dengarkan Curhatan Warga

Arafura News

Warga Diharap Dapat Memberikan Hak Politiknya

Arafura News

Peserta Sekolah Restorasi Diharap Bisa Memposisikan Diri

Arafura News

Tetap Peduli Di Tengah Covid 19, Sulaeman L.Hamzah Kerjasama Dengan Balai Karantina Ikan

Arafura News

Rapat Koordinasi Bersama Mitra Komisi IV DPR RI Libatkan Instansi Terkait

Arafura News