Pasific Pos.com
Headline

Sah, Pj Gubernur Lantik Ketua MRP Papua

Jayapura – Penjabat Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun resmi melantik tiga pimpinan Majelis Rakyat Papua (MRP) periode 2023-2028.

Tiga pimpinan Mejelis Rakyat Papua yang dilantik adalah Nerlince Wamuar Rollo (Ketua), Pdt. Roberth Horick, MA, MH (Wakil Ketua I) dan Max Abner F. Ohee, S.IP.( Wakil Ketua II).

Pelantikan digelar di Lanti 9 Kantor Gubernur Papua, Senin (12/2) dihadiri Anggota MRP, Forkompinda dan kepala OPD di lingkup Pemprov Papua.

Pj Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun dalam sambutannya mengapresiasi proses pemilihan ketua MRP Papua. Apalagi sosok yang terpilih menjadi ketua adalah perempuan Papua. Oleh sebab itu, diharapkan kepada ketua dan seluruh anggota MRP untuk dapat bekerja kedepan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

“MRP mempunya tugas dan fungsi penting antara lain memberikan pertimbangan dan persetujuan terhadap pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur, memberikan pertimbangan dan persetujuan terhadap rancangan perdasus  serta memperhatikan dan menyalurkan aspirasi pengaduan masyarakat adat, umat dan kaum perempuan dan masyarakat yang menyangkut hak-hak orang asli Papua serta memfasilitasi tindak lanjut penyelesaiannya,” ujarnya.

Pj Gubernur juga mengajak pimpinan MRP untuk berkomitmen penuh pada prinsip-prinsip demokrasi transparansi dan partisipasi aktif masyarakat dalam setiap pengambilan keputusan-keputusan penting.

“Saya mengajak pimpinan dan anggota MRP untuk bersama-sama dengan pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota untuk menyukseskan pemilihan umum yang kurang lebih tinggal satu hari kedepan. Saya menghimbau kepada masyarakat yang ada di tanah Papua usama-sama tetap menjaga Papua tanah damai,” imbaunya.

Sementara itu, ketua MRP Papua, Nerlince Wamuar Rollo, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak. Dimana, telah dipercayakan sebagai Ketua MRP Provinsi Papua.

Kata Nerlince, sesuai dengan arahan Gubernur Papua, pihaknya akan  menjalankan tugasnya dan fungsi sebagai Ketua MRP sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku. “Terima kasih kepada atas dukungan dari semua pihak, lebih khusus semua anggota MRP yang sudah memilihnya pada proses pemilihan beberapa waktu lalu,” ucapnya.