Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis Lintas Daerah

Safari Ramadan 1442 H OJK Papua dan Papua Barat Diawali di Nabire

OJK awali Safari Ramadan 1442 H di Kabupaten Nabire.

Nabire – Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Papua dan Papua Barat melalui unit kerja Edukasi dan Perlindungan Konsumen (EPK) menggelar Gebyar Safari Ramadhan 1442 Hijriah. Gelaran ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan sekaligus meningkatkan akses masyarakat terhadap produk dan atau layanan jasa keuangan syariah.

Salah satu rangkaian kegiatan yang sekaligus dikhususkan dalam menyambut Hari Kartini 2021 adalah pemberian Sosialisasi dan Edukasi Literasi Keuangan Syariah kepada perwakilan sejumlah Majelis Talkim se-Kabupaten Nabire Selasa, 20 April 2021.

Dilaksanakan di Gedung Islamic Center Nabire dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kegiatan berlangsung lancar dan disambut antusias para peserta yang hadir mencapai 110 orang.

Kepala Bagian Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Papua dan Papua Barat, Steven Parinussa menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya OJK dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah di Papua, khususnya di Nabire.

Pada kesempatan tersebut, Steven juga menyampaikan agar masyarakat selalu waspada atas investasi bodong dan/atau fintech ilegal.

Ketua Majelis Taklim di Nabire, Hajjah Siti Qomariah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada OJK.
Qomariah juga mengaku sangat senang karena selain dapat lebih mengenal OJK serta mendapatkan wawasan terkait waspada investasi ilegal, para peserta juga sangat senang mendapatkan informasi terkait produk dan layanan jasa keuangan syariah langsung dari pelaku usaha yaitu perbankan dan pergadaian syariah.

Untuk diketahui, narasumber dalam kegiatan tersebut tidak hanya dari internal OJK, namun turut menggandeng Lembaga Jasa Keuangan seperti Bank Syariah Indonesia (BSI) yang dihadiri oleh Branch Manager Jayapura, Reny Cendrasari.

Yang memberikan materi terkait perbankan syariah, serta dari Pegadaian Area Sorong yang dihadiri oleh Zulkifli Botutihe selaku Operational Support Non Gadai, yang membawakan materi terkait pergadaian syariah.

Salah satu peserta kegiatan, Titi Hariyono menyampaikan bahwa edukasi keuangan syariah ini sangat bermanfaat bagi peserta. Dia juga mengharapkan agar kegiatan dimaksud dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Titi menambahkan bahwa berkat kegiatan ini, ia menjadi paham terkait produk dan layanan keuangan syariah, salah satunya tabungan haji dan umroh yang aman.

Kegiatan edukasi keuangan syariah ini diakhiri dengan ceramah oleh Ustadz Drs. H. Muhammad Darwis, serta dilanjutkan dengan pembagian bingkisan sembako Ramadhan kepada seluruh peserta yang hadir.

Kepala OJK Provinsi Papua dan Papua Barat, Adolf Fictor Tunggul Simanjuntak, menyampaikan rangkaian kegiatan Gebyar Safari Ramadhan 1442 H di Nabire ini merupakan kegiatan pembuka. Di mana puncak kegiatan yaitu Gebyar Ramadhan Nusantara akan dilaksanakan pada Kamis, 29 April 2021, bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan 1442 H, di Lapangan Masjid Al Amin Angkasapura, Jayapura. (zul)