Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Robongholo Jadi Minuman Resmi PON XX, Bupati Mathius: Saya Berikan Apresiasi

Direktur Utama PDAM Jayapua Entis Sutisna, SE, MM, dan Direktur Utama PT Imari Nourriture Indonesia Imam Wahyudi dan disaksikan Ketua Umum Sub PB PON XX yang juga Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, saat melakukan penandatanganan MoU air minum Robongholo sebagai minuman resmi PON XX Papua 2021, yang berlangsung di salah satu Ballroom Suni Garden Lake Hotel and Resort Hawaii, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (19/8/2021)

SENTANI – Usai dipilih menjadi minuman resmi air mineral dalam kemasan (AMDK) pada perhelatan Peparnas XVI Tahun 2021, kali ini Robongholo kembali dipilih sebagai minuman resmi air mineral dalam kemasan (AMDK) pada event olahraga empat tahunan yang akan berlangsung di Papua pada bulan Oktober tahun 2021 mendatang.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapua sebagai produsen air minum dalam kemasan Robongholo meneken Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Imari Nourriture Indonesia, yang dilakukan antara Direktur Utama (Dirut) PDAM Jayapua Entis Sutisna, SE, MM, dengan Imam Wahyudi selaku Direktur Utama PT Imari Nourriture Indonesia dan Ketua Umum Sub PB PON XX yang juga Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si.

Penandatanganan MoU itu disaksikan oleh Ketua Bidang III Sarana Penunjang Izak R. Hikoyabi dan Koordinator Sub Bidang Konsumsi Ny. Magdalena Luturmas Awoitauw, S.Pd, juga dihadiri Ketua Bidang I, Bidang II dan Bidang IV serta anggota Sub Bidang I sampai IV pada Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura.

Penandatanganan nota kesepahaman itu guna memenuhi permintaan dari PT Imari Nourriture Indonesia sebanyak 5.000 karton untuk memasok air mineral setiap hari guna memenuhi kebutuhan konsumsi selama kurang lebih dua pekan pelaksanaan PON XX Papua 2021.

Ketua Umum Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, kepada wartawan usai penandatanganan MoU menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak PDAM Jayapua dan PT Imari Nourriture Indonesia yang memanfaatkan produk air minum lokal ini sebagai minuman resmi PON XX 2021 Papua.

“Saya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih, yang pertama kepada PDAM Jayapua dalam hal ini pak Dirut beserta jajarannya, yang sudah membuat inovasi untuk adanya produk ini dan kedua kepada PT Imari Nourriture Indonesia yang berkenan untuk memanfaatkan produk lokal ini menjadi minuman resmi PON XX 2021 di Papua,” ungkap Mathius Awoitauw, Kamis (19/8/2021) malam di salah satu Ballroom Suni Garden Lake Hotel and Resort Hawaii, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Robongholo ini sebagai produk lokal air minum di daerah ini, pria yang juga Bupati Jayapura itu mengatakan, PDAM adalah perusahaan daerah milik Kabupaten Jayapura dan dari upaya-upaya ini selain pekerjaan utama PDAM itu juga akan memberikan pendapatan asli daerah atau PAD.

“Jadi akan memberikan pendapatan asli daerah, dan dampak lainnya akan kesitu. Tapi, dampak lainnya akan memberikan spirit untuk sumber-sumber lain juga masyarakat bisa melihat dan mereka bisa melakukan usaha-usaha untuk ekonomi mereka dan bisnis-bisnis seperti yang dijalankan oleh PDAM,” bebernya.

“Kami berharap nanti PDAM akan menjadi pembina untuk memunculkan bisnis-bisnis baru di daerah ini. Hal ini suatu kebanggaan untuk Papua, bahwa produk lokal menjadi minuman resmi PON XX, kemudian masyarakat Papua khususnya Kabupaten Jayapura juga bangga bahwa air minum lokal Robongholo ini akan dipakai sebagai minuman resmi PON Papua 2021,” harap Mathius Awoitauw menambahkan.

Senada dengan itu, Direktur Utama (Dirut) PDAM Jayapua, Entis Sutisna, SE, MM, mengatakan, bahwa kebanggaan dari Ketua Umum Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw yang telah menjadikan Robongholo ini sebagai minuman resmi PON XX 2021 Papua.

“Juga kepada mitra kami PT Imari Nourriture Indonesia, yang sudah mempercayakan Robongholo ini untuk mensuplai kebutuhan konsumsi di Kabupaten Jayapura,” ucapnya kepada wartawan usai penandatanganan MoU tersebut, Kamis (19/8/2021) malam.

Menurut Entis Sutisna, jika berbicara kapasitas produksi PDAM Jayapua saat ini memproduksi sebanyak 1.000 karton setiap hari dan sudah tentu menjadi kebanggaan bagi pihaknya, karena ada tiga pihak yang telah melakukan MoU yakni, pihak PB Peparnas XVI Papua, PT Imari Nourriture Indonesia dan KONO Jawa Barat yang menjadikan ini sebagai tantangan sendiri.

“Tetapi, dengan adanya alat-alat mesin kami yang baru dan juga ada penambahan alat pencetak kemasan yang kebetulan kami datangkan langsung dari Jawa ini sudah tentu ada strategi khusus, untuk meningkatkan kapasitas produksi,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Imari Nourriture Indonesia Imam Wahyudi mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan bentuk komitmen dari pihaknya untuk memaksimalkan penggunaan produk lokal di daerah ini pada saat pelaksanaan PON XX Papua.

“Kemudian kami yakin produk dari Robongholo itu sudah memiliki kualitas standar yang cukup baik, sehingga kami memberanikan diri untuk menandatangani MoU dengan pihak PDAM Jayapua selaku produsen air minum dalam kemasan Robongholo ini,” katanya

Artikel Terkait

Peringati Hari Air Dunia, PDAM Jayapura dan Komunitas Peduli Lingkungan Gelar Tanam Pohon

Jems

PDAM Jayapura Kirim Produk Air Mineral Robhong Hollo ke Merauke Lewat Tol Laut

Jems

Penerimaan Triwulan II Menurun, Ini Penjelasan Direktur Umum PDAM Jayapura

Zulkifli

Ini Tangapan Dirut PDAM, Sikapi Pernyataan Anggota DPRD Kota Jayapura Tentang Mafia Air

Tiara