Pasific Pos.com
Headline

Resmi Daftar Balon Gubernur di Demokrat, Mathius Awoitauw : Kepentingan Papua Ada Diatas Segalanya

Balon Gubernur Papua, Mathius Awoitauw saat menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon Gubernur Papua di Partai Demokrat Papua. (Foto Tiara).

Jayapura – Mathius Awoitauw, SE, MSi resmi mendaftar sebagai bakal calon Gubernur Papua di DPD Partai Demokrat Provinsi Papua, setelah mengembalikan berkas kepada tim penjaringan bakal calon kepala daerah, Rabu, 8 Mei 2024.

Bahkan, ia mengaku jika sudah mendaftar di sejumlah partai politik untuk dapat mengusungnya dalam Pilgub Papua tahun 2024.

Mathius Awoitauw juga mengaku jika sebelumnya ia telah mendaftar di DPW Partai NasDem, DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), DPD Partai Demokrat dan DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Papua.

Oleh karena itu, mantan Bupati Kabupaten Jayapura dua periode ini berharap dengan perolehan 7 kursi Partai NasDem dalam Pemilu Legislatif 2024, bisa bertambah lagi partai yang berkoalisi untuk mengusungnya menjadi bakal calon Gubernur Papua.

“Jadi untuk mengusung bakal calon gubernur persyaratannya 9 kursi. Partai NasDem mendapatkan 7 kursi dalam Pemilu lalu. Harapannya bisa dikasih dari Partai Demokrat,” kata Mathius Awoitauw kepada wartawan usai menyerahkan berkas kepada tim penjaringan bakal calon kepala daerah DPD Partai Demokrat, Rabu, 8 Mei 2024.

Namun soal sosok bakal calon Wakil Gubernur yang akan mendampinginya, Mathius Awoitauw berharap dari Partai Demokrat bisa mengusulkannya.

“Ya, mudah-mudahan Partai Demokrat bisa. Apalagi, Partai Demokrat ada 2 orang kader yang sedang digadang-gadang ya. Mudah-mudahan salah satunya bisa,” harapnya.

“Kita kan dengan Partai Demokrat sudah lama. Dulu waktu LUKMEN, saya sebagai Ketua Koalisi Pemenangan. Jadi, tidak asing lagi dengan Partai Demokrat. Yang lain boleh lari kesana kemari, ya kita harus komitmen kebersamaan, mungkin sambil kita lihat proses yang berjalan, karena di NasDem itu kan DPP sangat menentukan semua proses. Jadi, semua mengalir saja dan kita penuhi petunjuk teknis yang diatur oleh partai, kita penuhi semua. Pada akhirnya, partai akan memberikan tempat terhormat bagi kader-kadernya,” timpalnya.

Saat ditanyak, apakah sudah melakukan pendekatan dengan kedua kader Partai Demokrat? Mathius Awoitauw menegaskan jika pihaknya sudah melakukan pendekatan dengan kedua kader Partai Demokrat tersebut.

“Sudah, dan dua duanya sudah. Tinggal menunggu partai saja arahnya kemana. Itu keputusan terbaik untuk partai ya. Tapi kita melihat semua kandidat luar biasa, semua punya tujuan yang baik, sehingga kita harap proses ini berjalan dengan baik dan kepentingan Papua ada diatas segalanya,” tekannya. (Tiara).