Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Rencanakan Program Prioritas Pembangunan Daerah Yang Diunggulkan

Musrenbang-Kab-Waropen
Musrenbang RKPD Kabupaten Waropen di Gedung Pertemuan Pemda Waropen, Kamis (8/4).

WAROPEN-Program prioritas dalam pembangunan daerah yang diunggulkan harus direncanakan secara baik dan matang. Para pemangku kebijakan pun diminta untuk dapat mengedepankan usulan-usulan yang datang sebagai kebutuhan dasar yang mendesak untuk kepentingan publik.

Hal itu menjadi pesan Bupati Waropen Yermias Bisai, SH yang disampaikan melalui Asisten II Bidang Administrasi dan Kesra Abraham Imbiri, saat membuka Musyawarh Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Waropen dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022, yang digelar di Gedung Pertemuan, Kampung Nonomi, Waren, Kamis (8/4).

Para pemangku kepentingan yang dimaksud seperti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi pemerintahan lainnya diharap mampu mendekatkan diri secara proaktif serta cepat tanggap terhadap usulan pembangunan sebagai bahan kebutuhan masyarakat luas di Kabupaten Waropen.

Koordinasi, komunikasi dan konsilidasi disemua tingkatan mulai dari tingkat kampung, hingga distrik pun harus sinergi dalam merangkum dan menyelesaikan permasalahan pembangunan ditengah-tengah masyarakat. Dimana nantinya akan menjadi output yang manfaatnya dirasakan oleh semua warga.

Selain itu, program lain yang tak boleh luput dari perhatian adalah tetap menjamin pelayanan dasar public dapat berjalan sebagaimana mestinya. Baik bidang Kesehatan Pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Waropen Bob Woriori dalam laporannya menyampaikan bahwa Kegiatan Pelaksanaan kegiatan Musrenbang RKPD, merupakan tahapan pembangunan berdasarkan udang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Permendagri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi peraturan daerah tentang RPJMD, RPJMD dan rencana kerja pemerintah daerah sesuai pasal 95 tentang Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kab/Kota.

Pelaksanaan musrenbang dengan tema, mempercepat pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas hidup dan peningkatan pertumbuhan ekonomi yang merata kemandirian daerah.

Peserta pelaksanaan Musrenbang adalah Kepala-Kepala OPD di Lingkungan Pemeritah Kabupaten Waropen, dan Kepala-Kepala Distrik se- Kabupaten Waropen.

Diharapkan dari hasil pelaksanaan Musrenang ini, dapat menyelaraskan hasil perencanaan pembangunan yang terang, terencana secara baik, sehingga diperoleh hasil kesepakatan dan program kegiatan guna penyusunan rencana kerja pemerintah daerah Kabupaten Waropen Tahun 2022.

Dalam Musrenbang ini juga dihadiri tim Asistensi Bappeda Provinsi Papua, Ketua dan Anggota DPRD Waropen, Ketua PKK Ny Grace Bisai, Ketua GOW Kabupaten Waropen, LMA, dan anggota MRP. (af/il).

Artikel Terkait

Hari Pahlawan 10 November 2021, Pemda Waropen Isi Hasil Perjuangan Dengan Pembangunan

Afrans

29 KPK, Bamuskam dan TP PKK di Waropen Ikuti Bimtek

Afrans

Buka Musrenbang RPJMD 2021-2025, Ini Pesan Wakil Bupati Lamek Maniagasi

Afrans

Pimpin Apel, Wabub Lamek Maniagasi Kesal dan Sedih

Afrans

Program Palapa Ring 4G Hadir di Waropen

Afrans

Gerappelin Di Pulau Nau, 40 Kantong Sampah Terkumpul

Afrans

Bersih-Bersih Kali, GERPALIN Waropen Kumpulkan 40 Karung Sampah Plastik

Afrans

Layanan Vaksinasi di Aula Polres Waropen Ramai Didatangi Warga

Afrans

Fraksi – Fraksi DPRD Waropen Setujui Raperda APBD TA 2021

Afrans