Pasific Pos.com
Olahraga

PON 2020, Ribuan Atlet dan Ofisial Resmi Mendaftar

Hasil Tes Covid-19 Atlet PON Papua, Semua Negatif
Atlet PON Papua

Jayapura – Sebanyak 7,400 lebih atlet dan ofisial hingga Rabu (8/4/2020) telah mendaftarkan diri untuk ikut Pekan Olahraga Nasional XX Papua.

Jumlah tersebut berasal dari 33 Provinsi peserta PON termasuk tuan rumah Provinsi Papua. Demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Papua Jery Agus Yudianto kepada wartawan di Jayapura, Kamis (9/4/2020).

Menurutnya, semua provinsi di Indonesia sudah mendaftar, dan sesuai data long list sebanyak 7.400 lebih yang masuk dalam data base PB PON Papua.

“Kita nanti akan live bersama Komisi Keabsahan untuk menverifikasi data yang masuk dengan data e-KTP, karena yang menentukan atlet sah dan tidak berlaga pada PON adalah Komisi Keabsahan,” ujarnya.

Jery mengatakan, setiap provinsi sudah mendaftarkan nomor apa saja termasuk nama atlet yang diturunkan di PON. Jadi, pendaftaran PON sekarang itu namanya long list dengan dua tahap. Untuk tahap kedua ini kami jadwalkan tanggal 20 April nanti, tetapi kondisi Papua dengan wabah Virus Corona atau Covid-19, kita harus menunggu kebijakan pimpinan baiknya bagaimana,” katanya.

Dalam ketentuan pertandingan multi event berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Pekan dan Kejuaraan Olahraga, proses pendaftaran multi event PON dilakukan sebanyak tiga tahap.

Tahap pertama pendaftaran dibuka pada 20 Februari sampai 19 April 2020. Kemudian tahap kedua dibuka pada 20 April sampai 19 Juni 2020.

Sementara ketiga, keabsahan atlet dan ofisial akan ditentukan dalam Delegation Registration Meeting (DRM) yang dijadwalkan pada pertengahan Agustus 2020.

PON Papua bulan Oktober mendatang pun masih dalam pertimbangan pemerintah apakah sesuai jadwal atau mundur bulan Maret 2021. Untuk penyelenggaraan multi event empat tahunan tersebut, Gubernur Papua, Lukas Enembe, melayangkan surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pertimbangan terkait pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

Dalam surat bernomor 06/SOS-GUB PAPUA/IV/2020, Gubernur Papua, Lukas Enembe, menegaskan persiapan PON XX dan Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) masih terus berlangsung.

Artikel Terkait

Atlet dan KONI Papua Sumbang Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19

Bams

Masyarakat Adat Kampung Harapan Mendukung PON XX

Bams

TNI/Polri Siap Mensukseskan PON XX Papua

Bams

TC PON, 28 Cabor Sudah Laporkan Perkembangan Atlet

Bams

Gara-Gara Corona, Takraw PON Papua Kesulitan Lawan Tanding

Bams

Masih ada Venue Nol Persen, ini Respon PB PON Papua

Bams

Kadisorda : Venue Bersifat Sementara Disiapkan Jelang PON

Bams

Masalah Biaya Pemeliharaan Venue PON, Masih Tanggung Jawab Pemerintah

Tiara

PB PON XX Lakukan MoU Dengan Kodam XVII/Cenderawasih dan Polda Papua

Tiara