Pasific Pos.com
Headline Olahraga

Peparnas XVI Diharapkan Berdampak Positif Terhadap Kemajuan Olahraga Papua

Grand launching Logo, Maskot, Tema Tagline dan Jingle Peparnas XVII Papua 2021 di halaman Kantor Gubernur Papua. (Foto : Zulkifli)

Jayapura – Ketua Harian PB Peparnas XVI yang juga merupakan Penjabat Sekda Papua, Doren Wakerkwa mengatakan penyelenggaraan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke-XVI  yang akan dilaksanakan setelah penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX tahun 2021 di Papua adalah bukti nyata bahwa pemerintah pusat yakin akan kemampuan Papua atas penyelenggaraan kedua event ini.

“Hasil dari kegiatan ini diharapkan berdampak positif terhadap kemajuan olahraga Papua khususnya olahraga layanan khusus disabilitas,” ujar Doren dalam kegiatan launching beberapa ikon Peparnas XVI di halaman kantor Gubernur Papua, Jumat (27/11/2020) malam.

Doren menyebut bahwa kontingen Peparnas Papua siap mengikuti even ini, mampu berprestasi dengan mengumpulkan banyak medali bahkan mampu berada pada 5 besar Indonesia.

“Harusnya keberhasilan ini dapat memotivasi kita semua agar persiapan kontingen Peparnas Papua mampu berada peringkat lebih baik dari sebelumnya, bahkan berada pada peringkat satu atau juara umum,” tandasnya.

Pemprov Papua selalu berusaha dan mendukung kedua multi even olahraga ini, terbukti telah banyak venue yang sudah dibangun dengan standar nasional bahkan internasional.

“Oleh sebab itu tidak ada alasan lagi untuk tidak berprestasi setelah penyelenggaraan PON dan Peparnas, mengapa?, karena selama ini salah satu alasan yang sering diungkapkan oleh para pelaku olahraga di Tanah Papua adalah keterbatasan venue olahraga yang berkualitas,” ucap Doren.

Membangun venue olahraga memerlukan biaya besar, hal ini, kata Doren, perlu dipikirkan agar setelah even ini dilaksanakan tentunya dari sisi pemeliharaannya juga memerlukan biaya yang besar pula.

Untuk meraih prestasi di bidang olahraga dan membutuhkan banyak faktor yang mempengaruhi antara lain ketersediaan sarana dan prasaranan olahraga, pelatih yang berkualitas, atlit yang potensial, penerapan iptek olahraga, kompetisi yang teratur dan berjenjang, ketersediaan dana yang memadai serta dukungan masyarakat.

“Hal ini apabila terintegrasi dengan baik, maka kita semua yakin bahwa prestasi olahraga di Tanah Papua akan terwujud. Dengan terlaksananya Peparnas ini, saya ingatkan untuk kita semua agar dalam bekerja harus fokus dan selalu berpedoman pada aturan dan ketentuan yang berlaku,” kata Doren.

“Khususnya yang menyangkut pengelolaan keuangan, namun saya yakin seluruh panitia mulai perencanaan persiapan sampai pada penyelenggaraan Peparnas ke-XVI bekerja dengan didasari hati yang tulus, takut akan Tuhan, bekerja dengan hati merupakan bentuk ibadah yang hakiki,” tandasnya.

Doren juga meminta agar panitia besar yang telah dilantik selalu berkoordinasi dan bekerjasama dengan baik. Serta mempersiapkan segala kebutuhan yang berkaitan dengan penyelenggaraan Peparnas. (Zulkifli)