Pasific Pos.com
Headline

Pj Bupati Intan Jaya Ikuti Evaluasi Kinerja di Kemendagri

Jakarta,- Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Intan Jaya, Apolos Bagau menjalani evaluasi kinerja periode kedua triwulan pertama sebagai Penjabat Kepala Daerah Kabupaten Intan Jaya. Proses evaluasi kinerja ini dilaksanakan di gedung Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI di Jakarta, Senin (20/05/2024).

Proses evaluasi kinerja yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri ini dilaksanakan tiga bulan sekali untuk mengukur keberhasilan Penjabat Bupati dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Daerah.

Tim evaluasi Kemendagri memberikan apresiasi terhadap upaya Pj. Bupati Intan Jaya yang telah berupaya bekerja keras dalam membangun Intan Jaya walaupun kondisi keamanan terganggu.

Namun ada beberapa masukan dari tim evaluasi yang menginstruksikan kepada Pj Bupati agar dapat menyajikan data lebih lengkap. Evaluasi tersebut melibatkan berbagai aspek, termasuk tata kelola pemerintahan, pembangunan, keuangan, serta program-program yang telah diimplementasikan.

Pada paparan capaian kinerja Penjabat Kepala Daerah, Pj. Bupati, Apolos Bagau didampingi oleh Sekda, Para Asisten, kepala Inspektorat, kepala BP4D (Bappeda), Kepala Keuangan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan.

Adapun aspek capaian kinerja yang dipaparkan kepada tim evaluasi diantaranya aspek inflasi, stunting, kemiskinan ekstreme, pelayanan publik, kesehatan, penyerapan anggaran, kegiatan unggulan dan perizinan. Evaluasi ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Usai kegiatan tersebut, Bupati Kabupaten Intan Jaya, Apolos Bagau menyatakan bersyukur karena seluruh tim evaluator dari Kemendagri memberikan apresiasi terhadap kinerjanya sebagai Penjabat Bupati, meskipun masih ada beberapa aspek yang masih perlu ditingkatkan.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah pusat dikarenakan amanat yang diberikan dapat dilaksanakan dengan baik terutama adalah pelaksanaan pemilu yang sudah berlangsung aman dan lancar,” ujar Pj Bupati Apolos Bagau.

Pj. Bupati juga menyambut baik hasil evaluasi tersebut dan berjanji untuk terus berupaya meningkatkan kinerja pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kemendagri atas arahan dan masukan yang diberikan selama proses evaluasi.

“Hasil kinerja yang disampaikan tersebut bukanlah hasil kerja dirinya sendiri, melainkan kerjasama dari seluruh perangkat daerah dan dukungan dari masyarakat di Kabupaten Intan Jaya. Meskipun hasil kinerja mendapat apresiasi yang membanggakan, namun ada beberapa catatan yang menjadi perhatian agar dapat diperbaiki lagi, apalagi kita akan menghadapi Pilkada pada bulan November 2024,” ujarnya.