Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Pengangguran Terbuka di Papua Didominasi Lulusan Diploma

Mata Pencaharian Penduduk di Papua
Bagas Susilo saat memaparkan kondisi ketenagakerjaan di Papua.

Jayapura – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Februari 2020 adalah 3,62 persen persen dari total angkatan kerja yang mencapai 1.830.409 orang, atau lebih rendah 1,37 persen dibanding angka nasional 4,99 persen.

Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Provinsi Papua, Bagas Susilo, mengatakan, tingkat pengangguran tertinggi di Papua didominasi lulusan Diploma ke atas sebesar 11,77 persen.

“Pengangguran terbuka dengan jumlah terbanyak kedua yaitu lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dan Sekolah Menengah Atas (SMK dan SMA) masing –masing 10,19 persen dan 6,49 persen, sementara lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) berada diurutan selanjutnya sebesar 4,70 persen dan terendah lulusan Sekolah Dasar (SD) 1,35 persen,” kata Bagas melalui siaran pers, Kamis (7/5/2020).

Selama setahun terakhir yaitu Februari 2019 hingga Februari 2020, secara umum TPT di Papua mengalami kenaikan 0,2 persen. Empat dari enam kelompok pendidikan tertinggi yang ditamatkan angkatan kerja di Papua mengalami kenaikan tingkat pengangguran.

“Kenaikan terbesar ada pada tingkat pendidikan SMK yaitu sebesar 2,16 persen. Sementara, penganggur di tingkat pendidikan SMA dan perguruan tinggi mengalami penurunan masing-masing 0,47 persen dan 2,31 persen,” jelas Bagas.

Bagas mengungkapkan, jika dibandingkan kondisi Agustus 2019, TPT pada Februari 2020 turun 0,03 persen. Jumlah pengangguran 66.296 orang atau turun 887 orang dari kondisi Agustus 2019.

Artikel Terkait

SP Wawancara Dilaksanakan September Mendatang, Siapkan Dokumen Ini

Zulkifli

BPS Lakukan Pendataan Usaha e-Commerce di Papua

Zulkifli

Delapan Sektor Ini Pengaruhi Capaian PDRB Papua Triwulan II

Zulkifli

BPS : Penduduk di Papua Lebih Banyak Bekerja di Sektor Informal

Zulkifli

Sektor Pertanian Sumber Utama Mata Pencaharian Penduduk di Papua

Zulkifli

Akibat Wabah Corona, Perekonomian Papua Triwulan I Minus 6,77 Persen

Zulkifli

Papua Alami Deflasi, Ini Faktor Penyebabnya

Zulkifli

Februari lalu, Ekspor Papua Hanya Nonmigas

Zulkifli

Nilai Impor Papua Meningkat pada Februari lalu

Zulkifli